Begini Merencanakan Pernikahan Dalam Satu Bulan, Bahkan Kurang

Merencanakan pernikahan bukan hanya membutuhkan banyak tenaga, tapi juga waktu. Bagi yang menginginkan pesta sempurna, Anda mungkin menghabiskan berbulan-bulan hanya untuk perencanaan. Anda mungkin bahkan harus meninggalkan pekerjaan lain agar bisa mondar-mandir mengurus berbagai hal yang berhubungan dengan pernikahan Anda.

Jadi, bagaimana jika Anda hanya punya waktu beberapa minggu sebelum hari besar Anda? Mungkinkah Anda merencakan pernikahan dari nol dalam waktu singkat?

Terdengar konyol dan tidak masuk akal, memang. Tapi, hal itu bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Dan jika Anda, untuk alasan apapun, sedang merencanakan pernikahan yang akan terjadi dalam waktu satu bulan atau bahkan kurang, maka dibawah ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Lower Your Expectations

Merencanakan sesuatu yang penting dalam waktu singkat adalah hal yang susah, walaupun tidak mustahil.  Tidak semua orang bisa melakukannya. Jadi ketika Anda memutuskan untuk membuat perencanaan dalam waktu singkat, Anda harus tahu konsekuensinya. Dalam hal ini, Anda tidak bisa mengharapkan pesta yang mewah dan besar dengan semua orang yang Anda cintai hadir.

Bersiaplah untuk pesta yang lebih kecil, sederhana dan intimate, karena besar kemungkinan Anda akan kesulitan untuk menemukan venue yang available di waktu-waktu strategis serta vendor yang bersedia melakukan tugasnya di menit-menit terakhir. Para tamu undangan pun mungkin sudah memiliki rencana lain di hari yang Anda pilih. Oleh karena itu, jangan mengharap terlalu besar.

Budget

Anda harus tahu berapa banyak uang yang dimiliki dan berapa yang akan Anda keluarkan untuk pernikahan. Bahkan jika Anda tidak memiliki terlalu banyak di tabungan dan berencana untuk memakai kartu kredit, Anda harus yakin bahwa Anda hanya akan menggunakan jumlah tertentu. Hal ini penting untuk menghindari pembelian yang berlebih, sehingga mengakibatkan tagihan yang membengkak di kemudian hari.

Allocations

Apa saja yang akan Anda gunakan dengan uang Anda? Apa saja yang harus dibeli? Servis apa saja yang harus dibayar? Setelah tahu berapa banyak total uang yang akan Anda keluarkan, Anda harus memutuskan berapa banyak yang akan Anda buang untuk sewa venue, gaun, katering, dekorasi, dan lain-lain. Berpegang teguhlah pada list ini supaya Anda tidak menggunakan uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak diperlukan.

Invitation

Celebrate Your Love Valentine Romance Love Toast Dating Concept

Di era yang serba canggih ini, Anda bisa mengirimkan undangan secara digital. Jika memungkinkan, Anda bisa mendesain sendiri undangan Anda dan mengirimkan hasilnya melalui media sosial. Dengan demikian, Anda tidak hanya menghemat biaya desain, cetak dan kirim – namun juga menghemat waktu dan tenaga.

Pick a Date

Lupakan pernikahan di hari-hari strategis seperti Sabtu atau Minggu, karena Anda sudah pasti akan kesulitan menemukan venue yang masih tersedia. Dan kalaupun tersedia, harga yang dipasang mungkin akan sangat tinggi.

Pick a Venue

Pilih venue yang paling sesuai dengan keinginan dan budget Anda supaya Anda bisa memotong biaya dekorasi. Venue yang Anda pilih lebih baik sudah menyediakan hal-hal dasar seperti meja, kursi dan karpet, sehingga Anda tidak perlu lagi mengeluarkan dana untuk menyewa.

Untuk itu, Anda bisa mempertimbangkan membooking satu restoran dimana meja, kursi dan dekorasi dasar sudah pasti tersedia. Untuk memotong biaya katering, Anda bisa memilih makanan dan minuman dari menu restoran tersebut.

Dan untuk memfasilitasi para tamu yang tidak mungkin mengambil cuti hanya untuk menghadiri pernikahan Anda, Anda bisa memilih jam pulang kantor dan memilih venue dengan lokasi yang mudah dijangkau oleh mereka.

Pick Your Dress

Pertimbangkan opsi untuk memakai gaun warisan orang tua, jika ada, atau meminjam gaun yang pernah dipakai oleh saudara atau teman dekat Anda. Jika opsi-opsi tersebut tidak memungkinkan, Anda bisa menyewa gaun dari rental atau membeli gaun secondhand. Untuk opsi manapun, Anda harus hati-hati meneliti karena mungkin ada noda, jahitan lepas atau sobek yang bakal membuat Anda malu.

Go for What’s Available

Daripada meminta bunga yang sedang tidak musim atau jenis makanan dengan bahan uang susah didapat, Anda bisa menggunakan bunga apapun yang sedang banyak bersemi dan memilih makanan yang mudah disajikan. Dan daripada menyewa sebuah band, memainkan musik dari gadget Anda akan lebih menghemat waktu dan biaya.

Count on Your Friends

Anda memiliki teman seorang fotografer? Atau anggota dari salah satu band lokal? Atau koki? Atau teman-teman yang sanggup meluangkan waktu untuk membantu Anda? Jangan sungkan untuk meminta mereka jadi bagian dari hari besar Anda. Selain menolong Anda mempermudah berbagai hal, Anda dan kawan-kawan bisa mempererat persahabatan dengan menghabiskan lebih banyak waktu bersama.