1 Pasien Di Jakarta Suspek Virus Corona

0

Jakarta – Kemungkinan virus corona yang berasal dari Wuhan, Tiongkok masuk ke Indonesia mengemuka. Satu orang pasien di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara ditetapkan sebagai suspek terjangkit virus corona.

Saat ini pihak ruamh sakit tengah melakukan observasi lebih lanjut. Pihak rumah sakit menjelaskan kepada GAEKON bahwa pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan dari Tiongkok. Pasien tersebut berstatus warga negara Indonesia.

Pasien itu mengalami gejala mirip seseorang yang telah terjangkit virus corona. Gejala yang timbul antara lain demam, batuk dan sesak napas.

Rumah sakit sedang melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kondisi suspek. Penelitian membutuhkan waktu 2-3 hari.

“Sudah masuk ruang isolasi dan saat ini sedang uji laboratorium untuk mengetahui lebih lanjut apa pasien benar-benar terkena Corona Virus atau tidak. Kita ambil sample dahak dan cairan dalam hidung untuk penelitian,” kata Pompini Agustina, Pokja Penyakit Infeksi Emerging RSPI.

Wabah virus corona diduga karena manusia memakan hewan liar. virus ini diduga merebak dari hewan liar yang dijual di Pasar Seafood Huanan, Wuhan, China.

Dugaan sementara hewan liar tersebut adalah kelelawar atau ular, meskipun sampai saat ini belum dapat dibuktikan. Pasar Seafood Huanan sendiri adalah pasar tradisional yang menjual bebagai barang kebutuhan sehari-hari. Namun pasar ini juga menjual benda tak lazim, termasuk hewan liar hidup atau siap olah.

Serangan virus mengakibatkan infeksi saluran pernapasan atas ringan hingga sedang yang sama dengan flu biasa. Gejala corona virus atau virus corona adalah pilek, batuk, sakit tenggorokan, pusing, dan demam yang sudah terjadi selama beberapa hari.

Corona virus menyerang siapa saja namun risiko lebih besar pada orang dengan daya tahan tubuh lemah, misal anak kecil dan orang tua. Serangan coronavirus pada orang dengan sistem imun lemah bisa mengakibatkan infeksi saluran pernapasan bawah yang lebih serius. Penyakit akibat infeksi saluran pernapasan bawah adalah pneumonia atau bronkitis.

K For GAEKON