10 FAKTA YERBA MATE MINUMAN KHAS AMERIKA SELATAN

0

Yerba mate adalah salah satu minuman teh tradisional yang berasal dari Amerika Selatan. Tidak heran kalau teh ini belum diketahui secara umum oleh semua orang di benua Amerika. Nama latin Yerba mate ini adalah Ilex paraguariensis.

Kebanyakan orang yang mengkonsumsi minuman ini berasal dari daerah tengah dan selatan Amerika Selatan, terutama di Paraguay, serta di Argentina, Uruguay, Brasil, wilayah Chaco di Bolivia dan Chili selatan.

Yerba mate ini pertama kali dibudidayakan dan digunakan oleh penduduk asli Guaraní dan di beberapa komunitas Tupí di Brasil selatan, sebelum penjajahan Eropa. Ketika disajikan dalam keadaan dingin, minuman ini disebut tereré di Guaraní. Yerba mate dapat ditemukan di berbagai minuman berenergi di pasaran, serta dijual sebagai es teh botol atau kaleng.

Selain menjadi minuman favorit orang – orang Amerika Selatan, ada beberapa fakta mengenai Yerba Mate ini, ternyata minuman unik dan tradisional ini mengandung banyak nutrisi. Berikut fakta mengenai Yerba Mate :

  1. Berbeda Dengan Teh Lainnya

Yerba mate seringkali disamakan dengan teh pada umumnya, bahkan dimasukkan dalam kategori minuman teh. Padahal minuman ini berbeda dibandingkan dengan teh pada umumnya. Teh terdiri dari teh hijau, putih, dan hitam yang berasal dari daun Camellia sinensis. Sedangkan minuman mate berasal dari daun Ilex paraguariensis yang hanya dapat tumbuh di Amerika Selatan, yang mana bentuk daunnya juga berbeda dan lebih besar dibandingkan daun teh. 

  1. Kandungan Kafeinnya Hampir Sama Dengan Kopi

Uniknya minuman Yerba mate ini memiliki kandungan matein yang efeknya mirip dengan kafein di dalamnya yang sama dengan minuman kopi. Kandungan kafein di dalam mate dengan ukuran gelas kecil 150 ml mengandung sebanyak 78 gram kafein di dalamnya. Tidak sama dengan kopi yang memiliki kandungan sebanyak 85 gram untuk gelas berukuran 150 ml.

Matein adalah stimulan aktivitas fisik dan mental seseorang, apalagi ringan dan tidak membuat ketagihan. Karena memiliki kandungan kafein yang hampir sama dengan kopi, minuman ini seringkali digunakan masyarakat di Amerika Selatan sebagai pengganti kopi.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Fakta selanjutnya, Yerba mate ini dapat membantu tubuh agar tetap segar dan meningkatkan kualitas tidur. Jika sedang membutuhkan tidur malam yang baik dan berkualitas maka minumlah Yerba mate ini. Secara signifikan Yerba mate mampu mengurangi manifestasi depresi, neurosis, sindrom kecemasan, mengatur siklus tidur.

  1. Mengandung berbagai macam nutrisi

Yerba mate memiliki komposisi yang benar – benar unik. Jumlah Vitamin dan mineral yang dimilikinya luar biasa. Menurut Para ilmuwan dari Paris Pasteur Institute dan Paris Scientific Society, Yerba mate mengandung Vitamin A, C, E, P, dan B.

Selain itu yerba mate juga mengandung magnesium, kalsium, besi, tembaga, belerang, asam nikotinat, asam pantotenat dan masih banyak lagi.

Kandungan antioksidan tersebut akan menjaga tubuh dari berbagai radikal bebas serta memperbaiki sistem imun dan memperkuat daya tahan tubuh. Berbagai macam nutrisi tersebut sangat diperlukan oleh tubuh.

Menariknya minuman ini mengandung kalsium di dalamnya yang juga baik untuk kesehatan tulang apabila dikonsumsi secara berkelanjutan. Serta terdapat anti-inflamasi yang berguna untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit inflamasi seperti asma, hepatitis, dan lainnya. 

  1. Menurunkan Berat Badan

Fakta menarik selanjutnya adalah Yerba mate ini bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan minuman ini mempercepat metabolisme dalam tubuh sehingga membuat tubuh berproses lebih cepat yang berdampak pada pembakaran kalori dalam tubuh. 

Selain itu Yerba mate dapat menghambat area otak yang memerintah untuk makan. Ketika sudah menikmati secangkir teh ini akan membantu menghilangkan rasa lapar.

  1. Menghilangkan Sembelit

Yerba mate ini sudah bisa disejajarkan dengan obat anti sembelit. Karena dalam minuman ini memiliki efek anti spasmodik dan diuretik. Apabila mengkonsumsi minuman ini secara teratur maka akan merangsang saluran pencernaan, meningkatkan pencernaan dan dapat membantu menghilangkan sembelit.

  1. Meredakan Ketegangan Otot dan Cepat Mengembalikan Tenaga

Mengkonsumsi Yerba mate juga bisa berefek pada sistem saraf kita. Karena kandungan dalam minuman ini dapat mengurangi ketegangan otot dan menormalkan tidur, sehingga tenaga akan cepat kembali. Dengan mengkonsumsi minuman ini dapat membantu untuk menyelaraskan kerja sistem saraf dan menahan stres.

  1. Tidak Boleh Dikonsumsi Anak – Anak, Wanita Hamil, dan Ibu Menyusui

Selain mengandung banyak nutrisi, Yerba mate juga memiliki kontraindikasi. Bagi penderita maag, penyakit ginjal, dan terutama mereka yang rentan terhadap pengendapan garam (batu, pasir) tidak disarankan untuk mengkonsumi Yerba mate ini. Larangan mengkonsumsi Yerba mate juga diperuntukkan bagi anak – anak, wanita hamil, dan ibu menyusui.

  1. Tradisi Saat Meminum Yerba Mate

Ternyata untuk menikmati Yerba mate ini ada tradisinya sendiri, di mana umumnya menggunakan cangkir unik dari tanah liat dan dituangkan secara perlahan. Selain itu nama penuang air tersebut dijuluki dengan cebador, serta hanya satu orang yang dapat menuangkan saat tradisi tersebut.

Minuman ini juga memiliki sedotan tersendiri yang disebut dengan bombilla. Sedotan ini berbeda dari sedotan biasa karena adanya penyaring di bawahnya yang berguna untuk menyaring ampas dari mate ini. 

  1. Memiliki Dua Jenis Minuman

Yerba mate terdiri dari dua jenis minuman yang semuanya berdasarkan dari kondisi musim tertentu. Ketika musim dingin, kebanyakan masyarakat meminum yerba mate cocido yang mirip dengan teh pada umumnya dengan menggunakan air panas sebagai campuran.

Sedangkan ketika musim panas lebih banyak meminum yerba mate terere yang menggunakan air dingin dan es sebagai campurannya, serta dapat ditambahkan air lemon ataupun sirup yang membuat rasanya lebih nikmat. Adapun yerba mate espresso, yang menghasilkan sensasi kental layaknya kopi espresso dengan rasa yang juga sangat unik. 

KL For GAEKON