Keluarnya air asin bercampur minyak di persawahan Dusun Brayukulon Desa Brayublandong Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto mencapai 10 titik. Peristiwa tak lazim ini tidak ditemukan di sumber air lain di wilayah yang sama.

Kubangan terbesar memiliki luas 15 x 15 meter di tengah areal persawahan Dusun Brayukulon. Warga lantas menyebutnya ‘Banyu Asin’ lantaran mirip air laut. Padahal lokasi tersebut sangat jauh dari pantai.

Kepala Dusun Brayukulon Edy Purwanto mengiyakan adanya 10 titik sumber air asin. Dari 10 titik, hanya satu yang membentuk kubangan besar. Sedangkan, 9 titik lainnya hanya membentuk kubangan lebih kecil.

Menurutnya, fenomena alam itu tidak pernah dijumpainya selain di Dusun Brayukulon saja. “Ada sekitar 10 titik air asin, semuanya di Brayukulon. Semua airnya asin. Di sawah kampung lain tidak ada fenomena seperti ini,” kata Edy Selasa 7 Januari 2020.

Jarak dusun hingga ke laut di Gresik membutuhkan waktu tempuh 3 jam perjalanan. Sementara ke laut selatan Malang membutuhkan waktu 4 jam. “Selama ini juga tidak pernah ada penimbunan garam di dalam tanah,” terangnya.

Untuk kebutuhan air bersih, warga setempat harus membuat sumur bor hingga belasan bahkan puluhan meter. Sementara air asin ini malah muncul dengan sendirinya. Saat daerah sekitar kesulitan air, titik itu juga tetap mengeluarkan air asin.

Dari pantauan lapangan, sawah yang mengeluarkan air asin dipastikan tidak bisa ditanami. Kemunculan kubangan itu membuat tanaman mati. Kubangan yang besar memiliki banyak mata air asin. Kubangan bercampur minyak bumi dan beraroma mirip solar. Rasanya tetap asin meskipun diguyur hujan deras.

Seperti tanah ganjaran milik Suhendik Sekretaris Desa Brayublandong. Di lahan itu ditanami padi dan cabai oleh bibinya Siani (46 tahun) Warga Desa Brayukulon. Semenjak air asin itu muncul, padi atau cabai yan dia tanam semuanya mati. “Tidak bisa ditanami sama sekali,” kata Siani

Alhasil, dia membiarkan sawah itu jadi kubangan. Hanya tanah di kubangan itu yang tidak bisa ditanami, sementara petak sawah di sekelilingnya tumbuh subur dengan tanaman padi atau cabai.

K For GAEKON

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here