114 Anak Diduga Kena Hepatitis Misterius Di Jatim, Orang Tua Wajib Waspada

0

114 Anak Diduga Kena Hepatitis Misterius Di Jatim, Orang Tua Wajib WaspadaGaekon.com – Sebanyak 114 anak di Jawa Timur berstatus suspek hepatitis misterius. Menyikapi hal tersebut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Erwin Astha Triyono meminta para orang tua waspada.

Melansir dari Jawapos, Gejala mereka serupa dengan ditandai sakit kuning atau suspect jaundice (kuning) akut.

Beberapa Cara Mencegah Hepatitis

Para orang tua kini wajib waspada, untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta protokol kesehatan secara disiplin.

“Lakukan upaya pencegahan dengan PHBS seperti mencuci tangan pakai sabun, meminum air bersih yang matang, memastikan makanan dalam keadaan bersih dan matang penuh, menggunakan alat makan sendiri, memakai masker, menjaga jarak serta menghindari kontak dengan orang sakit,” katanya dalam keterangan resmi akun media sosial Dinas Kesehatan Jawa Timur @dinkesjatim.

Berdasarkan data Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR) Jawa Timur, minggu 1 hingga minggu 17 Tahun 2022 (per 4 Mei 2022), telah ditemukan 114 kasus suspect jaundice (kuning) akut di 18 kabupaten/kota di Jatim. Pada minggu ke-14 hingga minggu ke-17 cenderung mengalami kenaikan.

Data SKDR tersebut adalah kasus suspect jaundice (kuning) akut yang dilaporkan dengan usia secara umum (tidak spesifik ≤ 16 tahun).

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan meningkatkan kewaspadaan terhadap KLB Hepatitis Akut dengan mengeluarkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/2515/2022 tentang Kewaspadaan terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis of Unknown Aetiology) tanggal 27 April 2022.

Kewaspadaan tersebut meningkat setelah tiga pasien anak yang dirawat di RSUPN dr. Ciptomangunkusumo Jakarta dengan dugaan Hepatitis Akut yang belum diketahui penyebabnya meninggal dunia, dalam kurun waktu yang berbeda dengan rentang dua minggu terakhir hingga 30 April 2022.

D For GAEKON