12 MAKANAN YANG BISA BIKIN AWET MUDA

0

Makanan menjadi salah satu yang harus dikonsumsi setiap orang untuk mendapatkan tenaga dan nutrisi. Makanan adalah segala sesuatu yang mengandung gizi seimbang, mengandung serat dan zat-zat yang diperlukan tubuh untuk proses tumbuh kembang. Menu yang sehat harus kaya akan nutrisi seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan beberapa lemak tak jenuh dan lebih tepatnya disingkat dengan nama menu 4 sehat 5 sempurna.

Namun pada dasarnya makanan tidak hanya sekadar untuk mengenyangkan perut atau menambah energi saja. Namun makanan juga dapat berpengaruh pada kesehatan kita. Yang lebih menajubkan lagi, makanan ternyata juga bisa membuat kita terlihat lebih muda atau awet muda.

Tidak semua jenis makanan bisa membuat terlihat awet muda. Makanan yang seharusnya dikonsumsi agar terlihat awet muda salah satunya adalah mengandung protein. Jenis protein yang berperan penting untuk kesehatan kulit adalah kolagen.

Kolagen dapat ditemukan pada tulang, otot dan pembuluh darah. Kolagen berfungsi mempertahankan elastisitas kulit, membentuk struktur pada sendi dan tendon, melindungi organ-organ di dalam tubuh, hingga menyatukan bagian tubuh seperti tulang dan otot.

Kadar kolagen mulai berkurang seiring bertambahnya usia dan menyebabkan pengenduran, kerutan serta garis halus.

Hal itulah yang menjadi alasan utama kenapa tubuh membutuhkan lebih banyak kolagen, karena untuk mencegah penuaan. Agar kandungan kolagen dalam tubuh kita banyak, tentunya harus mengkonsumsi makanan tertentu.

Inilah makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk meningkatkan kadar kolagen dan secara tidak langsung akan membuat terlihat awet muda :

  • Buah Delima

Delima merupakan buah yang memiliki kadar antioksidan yang sangat tinggi. Selain itu buah kaya manfaat ini memiliki kandungan vitamin C yang dapat mencegah kerutan akibat sinar matahari.

Ditambah lagi, buah ini memiliki kandungan asam ellagic dan punicalagin yang dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

  • Buah Jeruk

Buah yang kaya akan air ini sangat baik untuk kulit. Vitamin C yang terkandung di dalamnya dapat membantu kulit menjadi lebih kenyal dan dapat mengurangi sel-sel kulit rusak yang dapat menimbulkan kerutan. 

  • Buah Semangka

Makanan anti aging ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membuat wajah agar terlihat tidak kusam. Kandungan pada buah ini juga berfungsi sebagai pelindung alami dari efek paparan sinar matahari.

  • Buah Alpukat

Alpukat memiliki vitamin dan mineral yang banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya kesehatan kulit. Alpukat mengandung kalium yang dapat melindungi sel tubuh dari radikal bebas. Dengan terjaganya sel-sel tubuh maka kulit akan terlihat awet muda.

  • Buah Blueberry

Blueberry kaya akan vitamin A, C, dan antioksidan penangkal tua yang disebut anthocyanin. Hal inilah yang membuat blueberry memiliki warna biru pekat dan indah. Antioksidan ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, stres, dan polusi. Dengan cara memoderasi respons peradangan dan mencegah hilangnya kolagen.

  • Buah Pepaya

Meskipun banyak orang yang tidak suka pepaya karena bau dan teksturnya. Namun pepaya kaya akan beragam antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit. Pepaya juga dapat meminimalkan munculnya garis-garis halus dan kerutan

Dalam satu buah pepaya terkandung vitamin A, C, K, dan E, Kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan Vitamin B. Beragam antioksidan dalam pepaya membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan dapat menunda tanda – tanda penuaan.

Buah berwarna oranye ini juga mengandung enzim yang disebut papain. Enzim ini dapat memberikan manfaat anti penuaan tambahan sebagai salah satu agen anti inflamasi terbaik di alam. Enzim ini juga ditemukan dibanyak produk pengelupasan kulit.

Dengan memakan satu buah pepaya dapat membantu tubuh untuk melepaskan sel-sel kulit mati sehingga membuat kulit terlihat lebih cerah dan bersinar.

  • Buah Nanas

Nanas merupakan buah yang mengandung mineral yang tinggi, mineral ini dapat meningkatkan produksi kolagen. Produksi kolagen ini baik untuk kesehatan kulit karena kolagen merupakan komponen utama yang dapat mencegah kulit keriput.

  • Tomat

Buah yang biasa kita jumpai sehari-hari ini, mengandung beta karoten, lutein, dan lycopene. Ketiganya merupakan kandungan yang sudah terpercaya khasiatnya, yaitu dapat mengurangi kerusakan sel kulit.

Rusaknya sel kulit dapat menimbulkan kerutan pada kulit, sehingga kandungan pada tomat bisa mencegah kerutan.

  • Wortel

Wortel biasanya dimanfaatkan untuk kesehatan mata, namun ternyata wortel juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Wortel mengandung vitamin C dan beta karoten yang berfungsi sebagai anti oksidan. 

  • Kubis

Siapa menyangka kalau kubis menjadi salah satu makanan awet muda. Sebab kubis mengandung folat, vitamin A, dan C yang ramah terhadap kulit. Vitamin C di dalam kubis dapat menghasilkan kolagen yang baik untuk kulit. Sementara vitamin A di dalam kubis dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan memicu penuaan.

  • Daging Tanpa Lemak

Protein dapat membantu membentuk kolagen. Daging sapi tanpa lemak, seperti sirloin top, adalah cara yang bagus untuk mendapatkan protein berkualitas tinggi. Untuk mendapatkan kulit sehat yang bercahaya, cobalah untuk mengkonsumsi 2-4 ons daging tanpa lemak sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Selain itu nikmati berbagai jenis protein tanpa lemak di hari-hari lainnya.

  • Salmon

Ikan satu ini memang telah terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Sebab ikan salmon mengandung lemak omega-3 terbaik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa omega-3, terutama dari ikan dapat menjaga sel-sel kanker kulit agar tidak tumbuh dan menyebar. Usahakan setidaknya mengkonsumsi dua porsi ikan salmon sebanyak 3 ons setiap minggunya.

KL For GAEKON