12 MANFAAT BAWANG PUTIH UNTUK KESEHATAN

0

Bawang putih menjadi salah satu bahan masakan yang sangat familiar di mata ibu – ibu. Bagaimana tidak? Bawang putih ini merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia. Semua masakan baik itu tradisional maupun moderen pasti membutuhkan bawang putih sebagai bumbunya.

Masakan akan kehilangan rasa nikmatnya atau kurang pas apabila tidak dicampur dengan bahan yang satu ini. Karena apabila hanya menggunakan bawang merah saja tanpa menambah bawang putih rasanya akan hambar.

Bawang putih memiliki nama latin Allium sativum. Bawang putih ini sendiri sudah digunakan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah. Bawang putih sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa.

Bawang mentah penuh dengan senyawa-senyawa sulfur, termasuk zat kimia yang disebut alliin. Zat ini yang membuat bawang putih mentah terasa getir atau angur. Dikenal dalam catatan Mesir kuno, selain digunakan sebagai campuran masakan, bawang putih juga sering digunakan sebagai bahan pengobatan.

Rempah dengan aroma dan rasa yang khas ini memiliki senyawa khusus yang dapat menunjang kesehatan manusia. Ada beberapa senyawa yang dimiliki bawang putih seperti vitamin B6, selenium, vitamin C, dan mineral penting lainnya.

Beragam penelitian pun pernah dilakukan untuk menelusuri manfaat bawang putih bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan yang telah dirangkum GAEKON dari berbagai sumber :

  1. Mencegah Kanker Paru

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari bawang putih adalah mencegah kanker paru. Mengonsumsi bawang putih mentah yang sudah dicuci bersih dikaitkan dengan penurunan risiko kanker paru.

Mengutip pernyataan dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, hasil studi yang dilakukan di Jiangsu Provincial Center for Disease Control and Prevention menemukan bahwa responden yang mengonsumsi bawang putih mentah sebanyak dua kali dalam seminggu mengalami penurunan risiko kanker paru sebesar 44%.

Presentase yang tidak sedikit. Ternyata dengan mengonsumsi bawang putih mentah bisa membantu mengatasi masalah kanker paru.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Selain mencegah kanker paru, bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan risiko kanker. Khasiat antikanker disebabkan adanya kandungan allyl sulfida pada bawang putih yang berfungsi untuk memperbaiki DNA yang rusak. Bawang putih juga dinilai sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan risiko kanker.

“Bawang putih bagus, untuk menurunkan risiko kanker. Untuk mendapatkan khasiat lebih banyak, coba makan bawang putih secara mentah. Memang rasanya tidak enak tetapi manfaatnya luar biasa. Jika ingin mencobanya, mulailah dengan potongan yang kecil dulu,” kata dr. Nadia Octavia seperti dikutip dari situs Klik Dokter.

  1. Mengatur Gula Darah

Manfaat bawang putih selanjutnya adalah bisa untuk mengatur gula darah. Mengonsumsi bawang putih dapat membantu meningkatkan insulin dalam darah. Oleh karena itu, mengonsumsi bawang putih dapat membantu mengendalikan gula darah pada orang dengan diabetes.

  1. Terhindar dari Penyakit Kardiovaskuler

Terbukti banyak khasiat bawang putih khususnya bagi kesehatan jantung. Bawang putih dapat menipiskan darah untuk berkurang dan melindungi dari gumpalan. Sehingga hal ini memungkinkan zat besi mengalir lebih baik bagi tubuh.

Berbagai penelitian menunjukan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah dan tingkat kadar gula dalam darah.

  1. Membantu Penderita Hipertiroidisme

Manfaat bawang putih bagi kesehatan lainnya dapat membantu penderita hipertiroidisme. Hal ini dikarenakan adanya kadar yodium yang tinggi pada bawang putih. Kadar yodium yang tinggi tersebut menjadikan bawang putih salah satu bahan alami yang sangat efektif bagi penderita hipertiroid. Pengobatan dengan bawang putih telah terbukti sangat berdampak baik pada penderita penyakit ini.

  1. Mengatur Ritme Jantung

Mengonsumsi bawang putih dipercaya dapat mengatur ritme jantung. Hal tersebut dapat membantu agar terhindar dari gangguan jantung. Bagi yang memiliki keluhan terhadap detak jantung yang terlalu cepat, konsumsi bawang putih dapat membantu dalam mengatasi masalah ini.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu pemicu paling utama dari serangan jantung dan stroke. Mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan tekanan darah. Bahkan, ekstrak bawang putih seberat 600-1.500 mg sama efektifnya dengan obat atenolol yang mampu mengurangi tekanan darah selama 24 minggu.

  1. Mempertahankan Kualitas Tulang

Faktor usia salah satu hal yang dapat mempengaruhi kualitas tulang. Namun tidak usah khawatir, ternyata bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk mempertahankan kualitas tulang.

Salah satu studi menemukan bahwa bawang putih secara signifikan dapat memperlambat pengurangan estrogen pada perempuan yang telah menopause. Meskipun begitu, belum ada penelitian yang membahas dampat bawang putih pada tulang laki-laki.

  1. Mencegah Alzheimer

Efek gabungan pada pengurangan kolesterol dan tekanan darah serta sifat antioksidan pada bawang putih dapat mencegah penyakit otak seperti alzheimer dan demensia.

  1. Mencegah Flu

Manfaat bawang putih bagi kesehatan selanjutnya dapat mencegah flu datang. Hal ini dikarenakan adanya zat yang tekandung dalam bawang putih dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi bawang putih, misalnya, dapat mengurangi rata-rata lama flu seseorang sebanyak 70 persen.

  1. Meringankan Sakit Gigi

Selain mencegah flu, bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk meringankan sakit gigi. Bawang putih memang sudah dipercaya dapat mengatasi masalah sakit gigi.

Cara mengaplikasikannya sangat mudah, cukup dengan meletakkan beberapa siung bawang putih yang sudah dihancurkan langsung pada gigi yang sakit, maka bawang putih dapat membantu meringankan sakit gigi, karena sifat anti bakteri dan analgesik. Namun sayangnya, cara ini membawa efek samping terjadinya iritasi pada gusi.

  1. Mempertahankan Stamina

Manfaat bawang putih lainnya dapat meningkatkan kapasitas kerja. Hal ini dikonfirmasi dengan sebuah studi terakhir yang menunjukkan bahwa kelelahan akibat olahraga dapat dikurangi dengan konsumsi bawang putih.

KL For GAEKON