12 Menteri India Ajukan Pengunduran Diri Massal Termasuk Menkes

0

12 Menteri India Ajukan Pengunduran Diri Massal Termasuk MenkesGaekon.com – Kantor Presiden Ram Nath Kovind mengatakan bahwa Perdana Menteri Narendra Modi telah menerima pengunduran diri selusin anggota kabinetnya.

Seperti yang dilansir GAEKON dari IDNTimes, Sebanyak 12 menteri India mengajukan pengunduran diri ditengah pemerintahan yang sibuk menghadapi pandemi.

Menurut Analis politik Nilanjan Mukhopadhyay mengatakan, pencopotan menteri kesehatan serta menteri sains dan teknologi merupakan bentuk pernyataan tidak langsung, bahwa pemerintah mengakui ketidakmampuannya mengelola pandemik dengan baik.

“Dalam reshuffle, Anda memiliki menteri senior yang dicopot. Pemerintah telah mengakui dengan perubahan ini bahwa mereka telah gagal total dalam menangani pandemik sebagaimana mestinya,” kata Nilanjan.

Sementara itu menurut analis politik independent Satish Misra, reshuffle merupakan upaya untuk meningkatkan citra Modi yang terkikis dan memperbaiki kredibilitas pemerintahannya yang jatuh

Sebagai ganti para menteri yang mengundurkan diri, Presiden Kovind melantik 15 menteri kabinet dan 28 menteri muda pada Rabu (7/7).

Kapasitas kabinet juga diperbesar, dari yang sebelumnya 52 orang menjadi 77 orang. Reshuffle ini tercatat sebagai perombakan kabinet pertama modi sejak kembali berkuasa untuk periode keduanya pada 2019.

Di antara menteri yang tetap mendampingi Modi adalah Menteri Dalam Negeri Amit Shah, Menteri Pertahanan Rajnath Singh, Menteri Keuangan Nirmala Sitharaman, dan Menteri Luar Negeri Subrahmanyam Jaishankar.

Daftar Menteri India Yang Mengundurkan Diri

Reuters melaporkan bahwa salah satu menteri yang mengundurkan diri adalah Menteri Kesehatan, Harsh Vardhan.

Menteri lain yang turut mengundurkan diri yakni Menteri Pendidikan Ramesh Pokhriyal Nishank, Menteri Hukum dan Keadilan, Elektronik, dan Teknologi Informasi Ravi Shankar Prasad, juga Menteri Lingkungan Hidup, Hutan, dan Perubahan Iklim Prakash Javadekar.

Ada pula Babul Supriyo, Sadananda Gowda, Santosh Gangwar, Debasree Chaudhuri, Rattan Lal Kataria, Sanjay Dhotre, Thawarchand Gehlot, Pratap Chandra Sarangi, dan Ashwini Chaubey (MoS).

Virus corona sejauh ini telah membunuh lebih dari 400 ribu warga India. Total warga India yang terinfeksi Covid-19 mencapai 30 juta orang. India menjadi salah satu episentrum virus yang menyebabkan lahirnya varian delta, salah satu mutasi Covid-19 yang memiliki daya transmisi tinggi.

D For GAEKON