12 Orang Tewas, Henan Dilanda Banjir Hingga Lumpuhkan Ibu Kota

0

12 Orang Tewas, Henan Dilanda Banjir Hingga Lumpuhkan Ibu KotaGaekon.com – Ibu Kota Zhengzhou, Provinsi Henan di Cina menjadi daerah paling parah terkena dampak hujan deras. Sebanyak 12 orang tewas akibat banjir tersebut.

Menurut laporan kantor resmi Xinhua dilansir dari Tempo, sekitar 100.000 orang telah dievakuasi ke zona aman. Banjir yang tengah melanda kota Zhengzhou ini mengakibatkan banyak jalan raya ditutup dan penerbangan ditunda dan dibatalkan.

Bahkan banyak layanan kereta api di Henan dan pusat logistik utama di Cina tengah, telah ditangguhkan. Jalan di belasan kota berpenduduk padat terendam banjir.

Dalam video yang beredar terlihat sejumlah penduduk tengah bergandengan mengarungi jalan di arus banjir. Selain itu ada pula seorang dewasa dan seorang anak hanyut di jalan arteri utama yang tersedak kendaraan setengah terendam.

Menurut ahli meteorologi, hujan kali ini menjadi hujan lebat terbesar dalam 1.000 tahun terakhir. Hujan yang mengguyur Zhengzhou dari Sabtu malam hingga Selasa malam, 617,1 milimeter hujan telah membasahi Zhengzhou, hampir setara dengan rata-rata tahunan kota sebesar 640,8 mm.

Puluhan waduk dan bendungan juga telah mengeluarkan peringatan. Bahkan, pihak berwenang setempat mengatakan curah hujan telah menyebabkan bendungan Yihetan jebol selebar 20 meter di kota Luoyang barat Zhengzhou, dan bendungan itu bisa runtuh kapan saja. Selain itu waduk Guojiazui di kota Zhengzhou juga telah jebol. Sistem transportasi Zhengzhou lumpuh, sekolah dan rumah sakit terputus oleh genangan air.

“Upaya pencegahan banjir menjadi sangat sulit,” kata Presiden Xi Jinping.

D For GAEKON