15 Orang Jadi Tersangka Dalam Insiden Demo Ormas Pemuda Pancasila Di Gedung DPR

0

15 Orang Jadi Tersangka Dalam Insiden Demo Ormas Pemuda Pancasila Di Gedung DPRGaekon.com – Seorang perwira menengah kepolisian berpangkat AKBP menjadi korban aksi unjuk rasa organisasi masyarakat (ormas) Pemuda Pancasila di depan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta Pusat, pada Kamis (26/11).

Dalam aksi demo tersebut, Kepala Bagian Operasi (KBO) Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Dermawan Karosekali terluka parah diserang oleh massa pedemo.

Melansir dari Kompas, Unjuk rasa tersebut berakhir ricuh. Hal itu ditengarai oleh tindakan massa aksi yang berusaha menerobos masuk ke area kompleks parlemen.

Petugas kepolisian pun mengadang dan menahan para pedemo di depan gerbang. Namun, sejumlah anggota ormas Pemuda Pancasila justru melakukan tindakan anarkistis

Beberapa di antaranya bahkan mengeroyok seorang perwira menengah kepolisian berpangkat AKBP. Kepolisian akhirnya melakukan tindakan tegas dengan membubarkan aksi demonstrasi itu.

Sebanyak 20 orang yang terlibat aksi anarkistis ditangkap dan diperiksa di Mapolda Metro Jaya. Petugas juga menangkap seorang anggota ormas Pemuda Pancasila yang diduga mengeroyok anggota kepolisian hingga terluka parah di kepala.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menerangkan ada 15 anggota Pemuda Pancasila yang langsung ditetapkan sebagai tersangka. Mereka terbukti membawa senjata tajam dalam aksi demonstrasi tersebut.

“Sudah dilakukan pemeriksaan awal bahwa mereka semuanya membawa sajam. Tentunya terhadap mereka semua ini akan kami lakukan tindakan hukum,” kata Zulpan.

Selain itu, 5 lainnya kini diamankan masih berstatus saksi dan sedang diperiksa petugas. Dirreskrimum Polda Metro Jaya Tubagus Ade Hidayat mengatakan, para tersangka dijerat Pasal 2 Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang Senjata Tajam.

Saat ini, penyidik masih mendalami motif tersangka membawa peluru tajam dan mencari asal barang bukti tersebut.

“Tentunya dengan barang bukti yang sudah ada saat ini akan kami kembangkan terus. Pengembangannya yang pertama dari mana dia memperoleh dan untuk apa digunakan,” ungkap Tubagus.

Sebelumnya, dalam insiden ini Kepala Bagian Operasi (KBO) Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Dermawan Karosekali terluka parah. Karosekali terluka di bagian kepala dan dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramatjati, Jakarta Timur, untuk mendapat perawatan medis.

Subdit Jatanras Polda Metro Jaya menangkap seorang terduga pengeroyok Karosekali saat bertugas mengamankan jalannya aksi demonstrasi. Tubagus menjelaskan, pelaku langsung dibawa petugas dan diperiksa secara intensif oleh penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

“Tentang dugaan Pasal 170 KUHP saat pelaksanaan demo. Saat ini terhadap kejadian penganiayaan atau pengeroyokan sudah diamankan satu orang,” ujar Tubagus.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, pelaku diduga menyerang korban menggunakan benda tumpul hingga menyebabkan luka di kepala.

“Dipukul bagian kepala belakang sampai mengeluarkan darah. Saat ini dirawat di RS Polri Kramatjati,” kata Tubagus.

D For GAEKON