Sejumlah kecamatan di Kabupaten Gresik masih terendam oleh banjir. Banjir juga meluas hingga merendam 19 desa per Kamis (9/1/2020)

Padahal pada hari Rabu (8/1/2020), hanya ada dua kecamatan yang terendam berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Jumlahnya bertambah menjadi empat kecamatan yang terendam hari ini.

Kecamatan yang terendam meliputi Kecamatan Benjeng, Kecamatan Cerme, Kecamatan Kedamean, dan Kecamatan Menganti.

Di Kecamatan Benjeng, ada dua desa yang terendam, Desa Lundo dan Desa Guranploso. Di kedua desa tersebut banjir masih merendam area persawahan meski banjir di jalan desa sudah mulai surut.

Desa Cermen adalah satu-satunya desa di Kecamatan Kedamean yang dilanda oleh banjir.

Total 387 rumah juga terendam oleh banjir di Kecamatan Menganti. Yang terdampak antara lain Desa Gadingwatu, Desa Boboh, Desa Bringkang dan Desa Putat Lor. Ketinggian air yang masuk ke rumah warga mencapai 30 sentimeter.

Yang paling parah terjadi di Kecamatan Cerme. Ada 12 desa yang telah terendam oleh banjir. Mereka adalah Desa Guranganyar, Desa Sukoanyar, Desa Dadapkuning, Desa Dungus, Desa Morowudi, Desa Dampaan, Desa Iker-iker Geger, Desa Kandangan, Desa Lengkong, Desa Dooro, Desa Betiting dan Desa Ngembung.

Kristono, Kepala Desa Iker-iker Geger, menjelaskan bahwa banjir hari ini lebih tinggi dibanding kemarin. Jika sebelumnya ketinggian banjir hanya 50 sentimeter, saat ini telah mencapai ketinggian 60 sentimeter yang merendam jalan desa sepanjang 450 meter.

Banjir sebagian besar merendam area tambak dan persawahan.

Di Desa Lengkong, Desa Dungus, Desa Guranganyar dan Desa Morowudi, ketinggian banjir terpantau setinggi 40 sentimeter.

Tarso Sagito, Kepala BPBD Kabupaten Gresik menuturkan ada dua Kecamatan yang terdampak oleh meluasnya banjir kali ini, yakni Kecamatan Menganti dan Kedamean. Pihak BPBD akan terus berkoordinasi dengan Muspika dan aparat desa di empat kecamatan tersebut.

Hal ini untuk mewaspadai status Kali Lamong yang berada di tahap siaga kuning, meskipun kondisi Kali Surabaya dan Bengawan Solo berada dalam kondisi normal.

W For GAEKON

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here