Sebanyak 2.453 Jasa Cetak Kartu Vaksin Diblokir Kemendag

0

Sebanyak 2.453 Jasa Cetak Kartu Vaksin Diblokir KemendagGaekon.com – Sebanyak 2.453 jasa cetak kartu Vaksin di Marketplace diblokir oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kompas, Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kemendag Veri Anggrijono mengonfirmasi hal ini. Ia membenarkan bahwa sebanyak 2.453 produk dan jasa pencetakan kartu vaksin di marketplace telah diblokir oleh pemerintah.

Blokir Dilakukan Untuk Mencegah Kebocoran Data

Menurut penjelasan Veri, untuk mencetak kartu vaksin konsumen pengguna jasa ini harus memberikan tautan untuk membuka sertifikat vaksinasi Covid-19 yang memuat data pribadi seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau informasi pribadi lainnya.

Tautan yang berisi data pribadi itulah yang berpotensi menimbulkan kebocoran data. Dikhawatirkan bisa disalahgunakan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Kemendag kini menertibkan perdagangan jasa cetak kartu vaksin Covid-19 di platform marketplace. Hal ini guna mencegah kebocoran data pribadi masyarakat yang telah melakukan vaksinasi. Langkah ini dilakukan bekerja sama dengan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA).

D For GAEKON