2 Harimau Di Ragunan Positif Covid-19, Pengelola Tolak Swab PCR Untuk Hewan Lainnya

0

2 Harimau Di Ragunan Positif Covid-19, Pengelola Tolak Swab PCR Untuk Hewan LainnyaGaekon.com – Dua Harimau Sumatera di Ragunan terkonfirmasi positif Covid-19 sempat gegerkan publik. Mereka adalah Hari dan Tino. Dugaan sementara dari pihak pengelola mereka tertular virus tersebut dari manusia.

Seperti yang dilansir GAEKON dari CNN, Humas Taman Margasatwa Ragunan, Bambang Wahyudi mengatakan kasus penularan Covid-19 terhadap binatang baru kali ini terungkap.

“Ternyata virus ini cukup ganas ya, bisa dari manusia ke hewan,” katanya.

Kejadian serupa bisa jadi terjadi di kebun binatang lain, mengingat virus ini cukup ganas. Meski demikian Bambang enggan melakukan tes swab PCR pada hewan lainnya jika tidak menunjukkan gejala klinis.

“Swab itu dilakukan ketika terjadi gejala klinis, Kalau tidak (menunjukkan gejala) ya jangan, susah juga ya swab, hewan-hewan liar kan,” kata Bambang.

Meski demikian, Pihaknya akan terus memantau binatang-binatang selain dua Harimau Sumatera bernama Hari dan Tino.

Awal Mula Harimau Ragunan Terpapar Covid-19

Awalnya Tino yang berusia 9 tahun itu menunjukkan beberapa gejala, mulai dari sesak nafas, bersin, hidungnya berlendir, hingga nafsu makannya menurun. Dua hari kemudian, Hari yang sudah berusia 12 tahun juga menunjukkan gejala yang sama.

Pihak pengelola akhirnya melakukan tes swab terhadap dua kucing besar di Ragunan itu pada 14 Juli. Setelah dikirim ke laboratorium Pusat Studi Satwa Primata, IPB Bogor, kedua satwa itu dinyatakan terpapar Covid-19.

Bambang berharap tak ada binatang lain di Ragunan yang terpapar Covid-19.

“Pengambilan sampel, sejauh ini belum ada informasi, mudah-mudahan tidak ada yang terpapar yang lain, ya selain Hari dan Tino,” ujarnya.

D For GAEKON