Tipu Ratusan Juta, 2 Janda Di Riau Jadi Korban Pemulung Yang Ngaku Polisi

0

Tipu Ratusan Juta, 2 Janda Di Riau Jadi Korban Pemulung Yang Ngaku PolisiGaekon.com – Seorang pria bernama Novrizal (43) yang berprofesi sebagai pemulung besi tua di Kabupaten Pelalawan mengaku sebagai seorang anggota polisi dan menipu dua warga Riau.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Suarariau, dua warga Riau yang menjadi korban yaitu YS (40) warga Kabupaten Siak dan IR (40) warga Kabupaten Pelalawan.

Awalnya mereka berkenalan di akun Facebook. Terlihat akun Facebook yang digunakan tersangka Novrizal menggunakan foto seorang polisi Ipda Indra Jaya yang menjabat sebagai Kanit II Narkoba di Polres Pelalawan.

Menurut keterangan Kapolres Siak, AKBP Gunar Rahardiyanto, tersangka Novrizal menghubungi korban YS melalui WhatsApp setelah berkenalan di Facebook.

“Tersangka Novrizal menghubungi korban YS melalui WhatsApp mengatasnamakan sebagai Kanit II Narkoba Ipda Indra Jaya yang bertugas di Polres Pelalawan,” kata Gunar.

Dari hasil penyelidikan, akun Facebook yang digunakan oleh Novrizal bukan milik perwira yang dimaksud, hal itu diketahui setelah korban YS melapor ke Polres Siak pada Senin (20/9).

Gunar menerangkan bahwa akun itu adalah milik seorang pria yang berprofesi sebagai pemulung besi tua di wilayah Kabupaten Pelalawan. Novrizal berhasil ditangkap di salah satu rumah kontrakan yang beralamat di Desa Lalang Kabung, Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan, Kamis (9/9).

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Salah satu korban, IR adalah seorang janda. Ia mengalami kerugian materi yang cukup besar hingga puluhan juta.

“Dua korbannya, satu di Kabupaten Siak berinisial YS dan satunya lagi berinisial IR dari Kabupaten Pelalawan. Kerugian IR sebanyak Rp 80 juta, dan sudah diproses oleh Polres Pelalawan,” kata Gunar.

Hanya bermodalkan rayuan dan komunikasi intens, Novrizal memanfaatkan keduanya. Ia mencoba meminjam uang dari korban dengan alasan akan digunakan untuk biaya berobat keluarganya.

Merasa berhasil mampu memperdayai YS, Novrizal kembali meminjam uang dengan alasan membiayai proyek yang ia dapatkan dari PT RAPP. Total kerugian yang dialami kedua korban sebanyak Rp 462.250.000.

D For GAEKON