Masih Jadi Tanda Tanya, Ini 2 Versi Penyebab Kebakaran Tunjungan Plaza

0

Masih Jadi Tanda Tanya, Ini 2 Versi Penyebab Kebakaran Tunjungan PlazaGaekon.com – Salah satu Mal di Kota Surabaya, Jawa Timur, Tunjungan Plaza 5 di Jalan Embong Malang Surabaya mengalami kebakaran, pada Rabu (13/4). Penyebab kebakaran tersebut hingga kini masih menjadi tanda tanya.

Melansir dari Suarasurabaya, Kepala Dinas PMK Surabaya, Dedik Irianto mengatakan , asap paling pekat ditemukan di tempat permainan anak-anak yang berada di TP 5 lantai empat dan kompor salah satu resto yang belum mati.

“Ini api pokok padam, tapi kok asap nggak berhenti-berhenti. Akhirnya kita kejar terus ini sumbernya dimana. Sampe akhirnya ketemu lah di tempat permainan anak-anak TP 5 lantai empat,” terang Dedik Irianto.

Asap di tempat bermain tersebut susah dikeluarkan, lantaran tidak adanya air flow (sirkulasi udara) sehingga asap terperangkap di dalamnya.

“Tempat permainan anak itu kan terbuat dari kayu dan plastik. Bola-bola, kuda-kudaan. Semua bahan yang mudah terbakar. Sehingga asapnya itu hitam pekat sekali,” katanya.

Petugas Mal sempat menduga kebakaran itu berasal dari salah satu resto di lantai tersebut. Namun ternyata kondisi resto tersebut baik-baik saja. Hanya saja saat dilakukan penyisiran oleh petugas, kompor di salah satu resto ditemukan masih dalam kondisi menyala.

“Pada saat petugas masuk, kompor juga dalam keadaan belum mati. Kita kan punya alat detector panas, oh ada api disitu. Dikira ada kebakaran ternyata kompor yang belum mati. Akhirnya dimatikan, dan kondisi memang tidak masalah,” imbuh Dedik.

Sementara itu, Direktur Marketing Pakuwon Group selaku pengelola Tunjungan Plaza, Sutandi Purnomosidi menjelaskan, sumber api diperkirakan berasal dari lantai 12.

“Jadi informasinya sumber api di perkirakan berasal dari short circuit chiller di lantai 12 dan api menjalar ke bawah dari ACP, facade building,” terangnya.

Tim Pemadam Belum Dapat Menentukan Sumber Kebakaran

Dinas PMK sendiri belum bisa memprediksi, berapa lama proses pembasahan bisa selesai dilakukan. Sampai saat ini, tim pemadam belum dapat menentukan sumber kebakaran. Namun Tim Labfor dari Polda sudah bersiap.

D For GAEKON