20 Ribu Pohon Ganja Di Aceh Besar Dimusnahkan

0

20 Ribu Pohon Ganja Di Aceh Besar DimusnahkanGaekon.com – Sejumlah instansi, TNI, Polri, Satpol PP hingga Bea Cukai memusnahkan ladang ganja seluas dua hektar di kawasan Gampong Pulo, Kecamatan Seulimeum, Aceh Besar. Ladang itu ditemukan ladang ganja seluas dua hektar di kawasan Gampong Pulo, Kecamatan Seulimeum, Aceh Besar pada Rabu (16/6).

Seperti yang dilansir GAEKON dari IDNTimes, Kepala BNN Republik Indonesia, Komisaris Jenderal Polisi Petrus Reinhard Golose mengonfirmasi hal ini.

“Berhasil temukan dua hektar ladang ganja,” ungkapnya.

Pemusnahan ini dilakukan dengan cara dicabut dan kemudian dibakar di lokasi temuan. Dua hektar lahan ganja ini ditemukan di dua lokasi berbeda di kawasan Mukim Lamteuba.

Lokasi pertama berada di ketinggian 424 meter dari permukaan laut (MDPL) dengan luas satu hektar. Tinggi tanaman ganja yang ditemukan sekitar 30-200 sentimeter atau 0,3-2 meter. Di lokasi pertama diperkirakan terdapat 10 ribu pohon ganja dengan berat total lebih kurang 5 ton.

Lokasi kedua berada di ketinggian 835 MDPL dengan luas yang sama. Tinggi tanaman ganja yang ditemukan sekitar 200-300 sentimeter atau 2-3 meter. Di lokasi kedua ditemukan 10 ribu batang pohon dengan berat total lebih kurang 10 ton.

“Dengan jumlah tanaman sebanyak lebih kurang 20 ribu pohon dengan berat tanaman basah lebih kurang 15 ton. Lahan memang tidak besar, namun lebih padat,” ujarnya.

Kepala BNN Republik Indonesia berharap kepada BNN provinsi maupun kabupaten kota mampu memberdayakan lahan bekas tanaman ganja.

“Untuk Program Grand Design Alternative Development (GDAD) dengan tanaman yang bermanfaat,” ujarnya.

D For GAEKON