Sediakan 2.000 Dosis, Pemkot Surabaya Akan Segera Gelar Vaksin Massal Untuk Masyarakat Pakai Vaksin Moderna

0

Sediakan 2.000 Dosis, Pemkot Surabaya Akan Segera Gelar Vaksin Massal Untuk Masyarakat Pakai Vaksin ModernaGaekon.com – Vaksin Moderna yang sebelumnya diberikan khusus untuk tenaga kesehatan, kini mulai disuntikkan untuk masyarakat umum, salah satunya di Surabaya, Jawa Timur.

Seperti yang dilansir GAEKON dari CNN, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengonfirmasi hal ini. Pihaknya mengatakan bahwa vaksinasi massal menggunakan vaksin Moderna ini pertama kalinya dilakukan kepada masyarakat umum di Surabaya.

Sebelumnya, vaksin Moderna ini hanya diberikan untuk tenaga kesehatan. Warga harus mendaftar terlebih dahulu melalui tautan yang sudah disediakan Pemkot Surabaya untuk mendapatkan vaksin Moderna dosis pertama ini.

“Ini bukan untuk tenaga kesehatan (nakes), berbeda. Ini untuk umum,” kata Eri.

2.000 Dosis Vaksin Disediakan Di Atrium Ciputra World

Vaksinasi massal ini digelar di atrium lantai satu Ciputra World Mal Surabaya. Setidaknya pihaknya menyediakan 2.000 dosis vaksin.

Jumlah tersebut sengaja dibatasi agar masyarakat yang datang tidak menimbulkan kerumunan.

“Ini kami lakukan biar nanti semua tidak menyerbu ke lokasi. Kasihan kalau sudah datang tapi tidak dapat vaksin,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya, Febria Rachmanita menjelaskan bahwa ada beberapa syarat bagi warga yang menjadi peserta vaksinasi vaksin Moderna.

Peserta harus warga ber-KTP Surabaya dan sudah berusia lebih dari 18 tahun. Mereka juga belum pernah menerima vaksin Covid-19 sama sekali sebelumnya.

Febria mengatakan vaksin Moderna memang memiliki Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang berbeda-beda untuk setiap orang. Meski demikian, ia memastikan bahwa vaksin tersebut aman untuk digunakan.

D For GAEKON