3 Tewas Dan 58 Luka-Luka, Kebakaran Hutan Hebat Landa Turki

0

3 Tewas Dan 58 Luka-Luka, Kebakaran Hutan Hebat Landa TurkiGaekon.com – Kebakaran hutan hebat terjadi di Turki pada Kamis (29/7) pagi. Kebakaran itu menyapu distrik Akseki, sekitar 50 kilometer ke utara.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Tribun, Sebanyak 3 orang tewas dalam kebakaran tersebut dan hampir 20 desa harus dievakuasi.

Kebakaran ini terjadi di 16 lokasi, salah satunya di wilayah Icmeler dekat resor Marmaris, 320 kilometer barat Antalya. Bahkan kebakaran ini sempat mengancam resor dan hotel.

Menteri Pakdemirli menerangkan bahwa sebuah hotel di resor pantai Aegean Guvercinlik, dekat kota Bodrum juga dievakuasi. Pihaknya mengatakan total sebanyak 53 kebakaran hutan dilaporkan terjadi di negara itu pada Rabu dan Kamis.

Kebakaran Hutan Biasa Terjadi Selama Musim Panas

Sebanyak tiga pesawat, 38 helikopter, dan sekitar 4.000 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Kebakaran hutan biasa terjadi di wilayah Mediterania dan Aegean Turki selama musim panas.

Gubernur Distrik, Volkan Hulur mengatakan bahwa hampir 80% rumah penduduk disana terbakar. Kepresidenan Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) mengatakan, setidaknya 112 orang terdampak kebakaran.

Sebanyak 58 orang dirawat di rumah sakit, sebagian besar karena menghirup asap dan luka bakar. Lebih dari 1.000 hewan ternak mati, 1.500 hektare lahan pertanian terbakar, dan 120 hektar rumah kaca pertanian hancur di Manavgat.

Pihak berwenang juga menyelamatkan 10 orang yang terdampar di sebuah kapal di Bendungan Oymapinar dekat Akseki.

Dilaporkan Daily Sabah, Bulan Sabit Merah Turki mengirimkan dapur lapangan, lima kendaraan katering, dan unit katering dengan kapasitas lebih dari 20.000 orang.

Wali Kota Marmaris, Mehmet Oktay mengatakan kepada NTV bahwa dia tidak bisa mengesampingkan kemungkinan “sabotase” atas insiden kebakaran ini.

Sementara itu, Direktur Komunikasi Kepresidenan, Fahrettin Altun mengatakan penyelidikan komprehensif tengah diluncurkan untuk mendalami penyebab kebakaran.

Sebelumnya, serangkaian kebakaran hutan hebat terjadi di Mediterania Turki dan wilayah Aegean selatan hingga pemukiman penduduk di Kota Manavgat.

Sebelumnya, kebakaran hutan terjadi di dekat Kota Manavgat, Provinsi Antalya pada Rabu (28/7). Menurut Menteri Pertanian dan Kehutanan Bekir Pakdemirli, sebagian besar api telah dipadamkan. Wilayah Antalya sendiri merupakan tujuan wisata populer bagi turis Rusia dan negara Eropa lainnya.

D For GAEKON