381 Posko Aktif, Polri Resmi Mulai Operasi Ketupat 2021

0

381 Posko Aktif, Polri Resmi Mulai Operasi Ketupat 2021Gaekon.com – Hari ini (6/5) mulai diberlakukan penutupan jalan terkait dengan kebijakan pemerintah melarang mudik lebaran 2021.

Seperti yang dilansir GAEKON dari CNN, Polri resmi memulai Operasi Ketupat 2021 dengan menyekat pemudik selama masa larangan mudik berlangsung 6-17 Mei 2021.

Sebanyak 381 posko penyekatan secara resmi beroperasi mulai Kamis (6/5) pukul 00.00. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komisaris Jenderal Arief Sulistyanto.

“Ada 381 titik penyekatan dan itu sudah mulai aktif mulai 24.00 nanti malam,” kata Arief pada Rabu (5/5).

Polri menyatakan bahwa pihaknya tidak akan kecolongan lantaran titik penyekatan telah bertambah banyak hingga 381 titik. Pihaknya benar-benar memastikan bahwa pengamanan akan dilakukan dengan ketat.

Titik penyekatan itu tersebar dari wilayah Sumatera Selatan hingga Bali. Adapun rincian titik yang disiapkan di masing-masing provinsi ialah, Polda Sumsel (10 titik), Polda Lampung (9 titik), Polda Banten (16 titik), Polda Metro Jaya (14 titik).

Polda Jawa Barat (158 titik), Polda Jawa Tengah (85 titik), Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (10 titik), Polda Jawa Timur (74 titik), dan Polda Bali (5 titik).

Arief berharap agar masyarakat tak nekat untuk kucing-kucingan dengan aparat kepolisian yang bertugas di lapangan dengan mencari jalur-jalur alternatif.

“Diharapkan masyarakat tidak kucing-kucingan, karena akan merugikan diri sendiri. Seluruh jalur yang ada bisa saja dia melalui jalur tikus, tapi jalur tikus itu tidak akan mungkin sampai ke lubang bawah tanah kan, Pasti akan ketahuan dari penyekatan-penyekatan yang kami lakukan,” tambahnya.

Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Inspektur Jenderal Istiono menekankan bahwa petugas di lapangan nantinya akan bersikap tegas namun tetap humanis. Warga yang masih nekat melakukan mudik hanya akan diputarbalikkan.

Namun proses hukum akan berbeda dilakukan apabila masyarakat coba-coba memalsukan dokumen atau menggunakan jasa travel ilegal. Ia menekankan, sanksi pidana dapat diberikan kepada mereka yang terbukti memakai dokumen palsu.

D For GAEKON