39 Tahanan KPK Telah Divaksin Covid-19 Termasuk Tersangka Kasus Bansos Juliari Batubara

0

39 Tahanan KPK Telah Divaksin Covid-19 Termasuk Tersangka Kasus Bansos Juliari BatubaraGaekon.com – Sebanyak 39 orang dari total 61 tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah divaksin. Sementara 22 orang lainnya terpaksa harus ditunda karena alasan kesehatan.

Seperti yang dilansir GAEKON dari IDNTimes, Vaksinasi di lingkungan KPK ini berlaku untuk pimpinan hingga tahanan. Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri mengatakan bahwa ada 39 tahanan KPK yang divaksin.

“Dari total 61 tahanan KPK, yang telah divaksin berjumlah 39 orang dan 22 lainnya  dilakukan penundaan karena alasan kesehatan,” kata Ali.

Pemberian vaksin di lingkungan KPK ini sudah berlangsung pada 18 hingga 23 Februari 2021. Ali mengatakan, pemberian vaksinasi ini tidak hanya berlaku bagi pimpinan dan tahanan di lingkungan KPK. Pemberian vaksin juga dilakukan pada pihak eksternal.

“Pemberian vaksin dilakukan terhadap seluruh insan KPK, tahanan, jurnalis, dan pihak eksternal lain, yang berada di lingkungan KPK,” jelasnya.

Salah satu tahanan yang terlihat sudah divaksin adalah mantan Polikus PDI Perjuangan sekaligus Mantan Menteri Sosial, Juliari Batubara. Juliari merupakan tahanan KPK dalam kasus suap pengadaan bantuan sosial Covid-19.

Empat skema telah dipersiapkan pemerintah untuk penerima vaksin. Pertama, penerima vaksin dapat mendatangi fasilitas layanan kesehatan untuk mendapatkan suntikan vaksin. Kedua, petugas akan mendatangi kantor-kantor atau tempat kerja masyarakat untuk melakukan vaksinasi.

Kemudian yang ketiga Kementerian Kesehatan akan mendatangi lokasi keramaian, seperti pasar, untuk memberikan vaksin. Dan yang terakhir Kementerian Kesehatan akan membuat posko untuk didatangi masyarakat umum.

D For GAEKON