4 Anggota TNI Tewas, Polisi Tangkap KKSB Papua Barat Yang Serang Posramil Kisor

0

4 Anggota TNI Tewas, Polisi Tangkap KKSB Papua Barat Yang Serang Posramil KisorGaekon.com – Kelompok Separatis Teroris (KST) atau KKSB (Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata) melakukan penyerangan di Posramil Kisor, Kabupaten Maybrat, Papua Barat.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Kapolres Sorong Selatan AKBP Choiruddin Wachid memimpin langsung penangkapan anggota KKSB tersebut. Pihaknya akan segera bergerak menuju ke tempat kejadian perkara (TKP).

“Saya bersama tim segera bergerak menuju ke tempat kejadian perkara (TKP) untuk mengetahui secara langsung perkembangan situasi. Hal tersebut diperlukan sebagai bentuk respons cepat menyikapi peristiwa yang terjadi guna mengambil tindakan yang diperlukan serta melakukan koordinasi dengan pimpinan daerah setempat dan instansi terkait serta penggalangan kepada para tokoh masyarakat,” ujarnya.

Akibatnya penyerangan ini 4 anggota TNI AD tewas dan dua lainnya mengalami luka berat. Wachid mengatakan bahwa pihaknya memerintahkan kepada tim untuk melakukan olah tempat Kejadian perkara (TKP).

Selain itu mereka juga mengumpulkan bukti-bukti yang ada di sekitar TKP guna kepentingan penyelidikan dan penyidikan. Dari penyisiran tersebut berhasil ditemukan barang bukti berupa 5 butir selongsong peluru kaliber 5,56 mm.

“Saya memerintahkan tim untuk melakukan penyisiran dan berhasil mengamankan 5 butir selongsong peluru kaliber 5,56 mm dan barang bukti lain. Berdasarkan bukti permulaan yang cukup berhasil melakukan penangkapan terhadap seorang terduga pelaku berinisial MY dan mengamankan seorang saksi kunci yang mengetahui peristiwa tersebut,” jelasnya.

Wachid mengatakan bahwa saat ini terduga pelaku bersama barang bukti serta seorang saksi kunci telah dibawa ke Polres Sorong Selatan.

Mereka akan diperiksa secara intensif untuk mengungkap siapa dalang dan motif penyerangan Pos Ramil Kisor Distrik Aifat Selatan Kabupaten Maybrat.

Wachid menjelaskan bahwa dari hasil pemeriksaan diperoleh keterangan bahwa pelaku penyerangan berjumlah 20 orang di bawah pimpinan SK dengan menggunakan 2 pucuk senjata api rakitan laras panjang dan 1 pucuk senjata api genggam, busur, panah serta parang.

D For GAEKON