44 Eks Pegawai KPK Dilantik Jadi ASN Polri Siang Ini

0

44 Eks Pegawai KPK Dilantik Jadi ASN Polri Siang IniGaekon.com – 44 Eks pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan dilantik menjadi aparatur sipil negara (ASN) Polri, hari ini, Kamis (9/12) sekitar pukul 13.00 WIB.

Melansir dari Kompas, pelantikan tersebut akan digelar di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta. Kepala Divisi Humas Polri Irjen (Pol) Dedi Prasetyo menerangkan bahwa ke 44 orang itu akan dilantik oleh Asisten SDM Kapolri Irjen Wahyu Widada.

“Dilantik oleh Asisten SDM Kapolri (Irjen Wahyu Widada). Lengkap 44 orang,” terang Dedi.

Usai dilantik, mereka akan mengikuti pendidikan di Pusat Pendidikan Administrasi Lemdiklat Polri di Bandung.

Mantan Kepala Satuan Tugas Pembelajaran Antikorupsi KPK, Hotman Tambunan, mengonfirmasi ia dan 43 rekannya telah menerima undangan pelantikan.

“(Sudah terima undangan) ketika sosialisasi kemarin,” katanya.

44 orang itu merupakan sebagian besar dari 56 mantan pegawai KPK yang dinyatakan tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) KPK. Mereka menerima tawaran menjadi ASN Polri.

Beberapa eks pegawai yang menyatakan kesediaan bergabung ASN Polri yakni Novel Baswedan, Yudi Purnomo Harahap, Muhammad Praswad Nugraha, dan Giri Supradiono.

Perekrutan para mantan pegawai KPK itu berdasarkan Peraturan Polri Nomor 15 Tahun 2021 tentang Pengangkatan Khusus dari 57 Eks Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi Menjadi Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Berdasarkan peraturan itu, para mantan pegawai yang menerima tawaran jadi ASN Polri sebelumnya telah mengikuti proses identifikasi jabatan dan seleksi kompetensi.

Sementara itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Rusdi Hartono mengatakan penempatan 44 mantan pegawai KPK sebagai ASN Polri disesuaikan dengan kompetensi masing-masing.

D For GAEKON