4,6 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Akan Tiba Di Indonesia Bulan Ini

0

4,6 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Akan Tiba Di Indonesia Bulan IniGaekon.com – Sebanyak 4,6 juta dosis vaksin AstraZeneca akan tiba di Indonesia pada Bulan Maret ini. Hal ini dinyatakan sendiri oleh Presiden Joko Widodo. Vaksin tersebut sudah dalam bentuk jadi.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Medcom, Jokowi mengatakan bahwa semua negara tengah berebut vaksin. Beruntung, Indonesia mendapat jatah vaksin karena sudah melakukan pendekatan sejak awal.

Sebelumnya, Indonesia telah berhasil mengamankan 38 juta dosis vaksin Covid-19 produksi Sinovac. 38 juta dosis tersebut terdiri dari tiga juta dosis dalam bentuk jadi dan 35 juta dosis dalam bentuk bahan baku.

Ada sekitar 1,4 juta tenaga kesehatan yang mendapat vaksinasi tahap pertama. Vaksinasi tahap kedua menyasar ke pekerja publik seperti TNI-Polri, wartawan, pedagang, lanjut usia, dan guru.

Vaksin AstraZeneca yang dikembangkan dengan platform vektor adenovirus ini dapat digunakan untuk memvaksinasi lansia dengan usia 60 tahun ke atas.

Dalam uji klinis, AstraZeneca juga melibatkan lansia yang berusia 60 tahun ke atas. Dalam publikasi data interim di laman The Lancet, usia lansia menunjukkan tanggapan kekebalan setelah diberikan dosis kedua vaksin.

“Vaksin AstraZeneca adalah salah satu vaksin yang dapat digunakan pada usia 60 tahun ke atas yang kita ketahui dimana kelompok ini memiliki angka kematian tertinggi,” kata juru bicara Vaksin COVID-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmidzi.

D For GAEKON