5 Hektare Lahan Lereng Gunung Puncak Habibie Terbakar

0

5 Hektare Lahan Lereng Gunung Puncak Habibie TerbakarGaekon.com – Sebanyak 5 hektare lahan di lereng Gunung Puncak Habibie, Kampung Pasirrandu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat habis terbakar. Kebakaran tersebut juga menghanguskan lahan tanaman milik warga.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Liputan6, Petugas Penanggulangan Kebencanaan Kecamatan (P2BK) Cisolok Andri Firmansyah mengonfirmasi hal ini. Pihaknya mengatakan bahwa dalam insiden ini tidak ada korban jiwa.

“Tidak ada warga yang menjadi korban pada peristiwa ini, tapi akibat kebakaran itu sekitar 5 hektare lahan yang berada di lereng Gunung Puncak Habibie hangus,” kata Andri.

Andri mengatakan, kebakaran tersebut juga menghanguskan lahan tanaman milik warga.

“Hingga saat ini kami masih memantau perkembangannya khawatir masih ada bara yang masih menyala sehingga berpotensi terjadinya kembali api susulan,” ujarnya.

Andri menghimbau agar warga tidak beraktivitas di sekitar Gunung Puncak Habibie, apalagi melakukan kegiatan yang berpotensi terjadinya kebakaran lahan, pasalnya kondisi lereng banyak ditumbuhi semak belukar.

Untuk kerugian akibat insiden kebakaran lahan ini masih dalam perhitungan. Kebakaran lereng gunung itu mulai terlihat oleh warga pada Jumat (20/8). Awalnya, kebakaran terjadi di beberapa titik saja, namun semakin lama api terus menjalar membakar lahan yang berada di lereng gunung.

Kobaran api pun semakin tidak terkendali, karena lereng ditumbuhi semak belukar yang sudah mengering.

Warga yang melihat kejadian tersebut mencoba memadamkan api dengan alat seadanya. Sementara petugas damkar langsung mengerahkan satu unit mobil damkar. Petugas gabungan pun kesulitan untuk mencapai lokasi karena kebakaran terjadi di lereng gunung.

Salah seorang warga, Jaka Suharman (43) mengaku melihat kepulan asap hitam yang awalnya berasal dari lereng gunung dan di beberapa titik terlihat api yang terus berkobar.

“Api dengan cepat membesar dan menjalar karena lereng gunung itu banyak ditumbuhi ilalang, bahkan sebagian sudah adanya yang mengering. Asal api kami tidak mengetahui dari mana,” katanya.

D For GAEKON