590 Pegawai KPK Lulus TWK Siap Dukung Novel Baswedan Dkk

0

590 Pegawai KPK Lulus TWK Siap Dukung Novel Baswedan DkkGaekon.com – Sebanyak 590 Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang lulus Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) kini turut mendukung 75 pegawai yang tidak lulus TWK.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, mereka meminta pelantikannya ditunda. Hal ini dibenarkan oleh Direktur Sosialisasi dan Kampanye Anti-Korupsi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Giri Suprapdiono.

“Benar (ada 590 pegawai mendukung),” kata Giri.

Giri merupakan salah satu dari 75 pegawai yang tidak lulus TWK. Giri mengatakan bahwa jumlah pendukung tersebut merupakan update per Minggu (30/5) pagi.

Menurut keterangan di Internal KPK, mereka yang memberikan dukungan dari semua lini di KPK. Dukungan tersebut nantinya akan terus bertambah. Dukungan disampaikan beserta dengan pernyataan dan tanda tangan dari pegawai.

“Dikumpulkan melalui yang dituakan di direktorat atau kedeputiannya. Ada tanda tangan, ada email, ada WA,” kata sumber itu.

Awalnya, dukungan kepada Novel Baswedan dkk ini hanya berjumlah 75 orang penyelidik saja. Kemudian para penyelidik itu mengirimkan surat kepada pimpinan KPK yang salah satu isinya meminta penundaan pelantikan pegawai yang sudah lulus TWK.

“Semangat ini menjadi inspirasi kawan-kawan lainnya, solidaritas,” kata dia.

Sebelumnya, diketahui dari 75 pegawai tidak lulus TWK, 51 di antaranya akan dipecat per tanggal 1 November 2021 mendatang.

Mereka disebut oleh Wakil Pimpinan KPK Alexander Marwata sudah ‘merah’ dan tak bisa lagi dibina berdasarkan hasil TWK. Sementara, 24 nama lainnya disebut masih bisa dibina.

Hal tersebut berdasarkan hasil rapat koordinasi antara KPK bersama dengan BKN, KemenpanRB, KASN, Kemenkumham, dan LAN.

D For GAEKON