6 NEGARA PENGHASIL MINYAK ZAITUN TERBESAR DI DUNIA

0

Minyak zaitun adalah lemak cair yang diperoleh dari buah zaitun (Olea europaea). Tanaman tradisional ini berasal dari Cekungan Mediterania. Menurut sebuah artikel yang diterbitkan oleh Ulasan dalam Ilmu Lingkungan dan Bioteknologi , pohon zaitun modern kemungkinan besar berasal dari Persia kuno dan Mesopotamia yang menyebar ke Suriah dan Israel di Cekungan Mediterania. Di mana ia dibudidayakan dan kemudian diperkenalkan ke Afrika Utara. Beberapa ahli berpendapat bahwa budidaya zaitun berasal dari Mesir Kuno.

Minyak zaitun sudah masuk menjadi tanaman pangan inti di dalam masakan Mediterania selain gandum dan anggur. Pohon zaitun telah tumbuh di sekitar Mediterania sejak milenium ke-8 SM.

Minyak zaitun ini sendiri biasanya dimanfaatkan untuk memasak, yaitu menggoreng makanan atau sebagai saus salad.

Selain untuk bahan memasak, minyak zaitu juga digunakan dalam kosmetik, farmasi, sabun, dan sebagai bahan bakar untuk lampu minyak tradisional. Orang-orang Yunani menggunakan minyak zaitun untuk menggosok diri mereka sendiri saat berolahraga di gymnasia.

Manfaat yang bisa diambil dalam minyak zaitun ini sangat banyak, baik untuk kesehatan sampai kecantikan. Namun sebenarnya produksi minyak zaitun ini sendiri dilakukan di negara mana saja ya ?

  1. TUNISIA

Tunisia menjadi salah satu negara penghasil minyak zaitun terbesar di dunia. Tunisia merupakan salah satu negara yang terletak di Afrika Utara yang juga terletak di sekitaran Laut Mediterrania. Negara ini menjadi salah satu produsen minyak zaitun terbesar di dunia yang mencapai 120 ribu ton pada tahun 2019. Namun hasil tersebut justru berkurang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, yang bahkan bisa mencapai lebih dari 300 ribu ton. 

Minyak zaitun yang dihasilkan negara Tunisia dianggap menjadi salah satu yang terbaik. Karena minyak yang dihasilkan dari negara tersebut kualitasnya sangat bagus, tidak dapat diragukan lagi. Bagaimana tidak, sejarah penanaman buah zaitun sudah dimulai sejak abad ke 8 di negara ini yang mana dulunya masih dikuasai oleh Ottoman dan Prancis. 

  1. TURKI

Selain Tunisia, Turki juga dikenal sebagai salah satu produsen minyak zaitun terbesar. Bukan hanya sebagai produsen, Turki juga sekaligus sebagai pengonsumsi besar minyak zaitun. Hal ini dilakukan oleh masyarakat Turki karena semakin sadarnya akan kesehatan. Produksi minyak zaitun di negara ini mencapai angka 183 ribu ton pada tahun 2019 dan menurun dari tahun sebelumnya hingga sebesar 263 ribu ton. 

Minyak zaitun asal negara perbatasan Asia Kecil dan Eropa ini memiliki kualitas yang baik, karena sudah menjadi penghasil sejak 6000 tahun yang lalu. Sementara perkebunan zaitun di Turki mayoritas berada di sebelah pesisir barat seperti Antalya dan lainnya. 

  1. MAROKO

Kembali ke Afrika Utara, terdapat Maroko yang juga termasuk produsen besar minyak zaitun di dunia. Produksi minyak zaitun di negara ini mencapai angka 200 ribu ton pada tahun 2019. Produksi tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 140 ribu ton. Selain itu produksi di negara ini melonjak naik dan mengungguli negara komoditas zaitun besar lain, seperti Tunisia dan Turki. 

Produk minyak zaitun buatan negara ini juga tidak kalah dibandingkan negara lain dan banyak dilirik pula oleh beberapa negara lain sehingga mampu mengekspor produknya ke Amerika Serikat dan beberapa negara Uni Eropa. 

  1. YUNANI

Penghasil minyak zaitun terbesar lainnya adalah Yunani. Predikat ini dibuktikan karena Yunani mampu memproduksi minyak zaitun hingga mencapai angka 225 ribu ton pada tahun 2019. Hal ini membuat Yunani sebagai negara anggota Uni Eropa yang menjadi produsen minyak zaitun terbesar ketiga di dunia.

Beberapa daerah yang menjadi tempat utama perkebunan zaitun ada di Peloponnese, Kreta, Aegean dan Kepulauan Ioinian. Selain itu sekitar 50 persen produksi minyak yang ada di Yunani diekspor ke sejumlah negara dan sebagian di antaranya digunakan untuk konsumsi dalam negeri. 

  1. ITALIA

Berikutnya, terdapat negara besar di Eropa yakni Italia yang menjadi peringkat kedua produsen terbesar minyak zaitun di seluruh dunia. Besaran produksi minyak zaitun di Italia mampu mencapai 265 ribu ton pada tahun 2019. Sedangkan daerah yang terkenal dengan tempat perkebunan buah zaitun terdapat di sebelah selatan, tepatnya di Sisilia, Puglia, Basilicata, Sardinia, dan Calabria. 

Pada daerah-daerah tersebut memiliki iklim yang hangat sehingga sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman zaitun. Di samping itu, sebagian hasil minyak zaitun diekspor ke sejumlah negara terutama AS, Brasil, Tiongkok, dan Kanada. Serta sebagian di antaranya dikonsumsi sendiri di mana banyak makanan khas Italia yang menggunakan minyak zaitun sebagai bahan utamanya. 

  1. SPANYOL

Penghasil minyak zaitun terbesar di dunia yang juga termasuk salah satu negara di Mediterrania adalah Spanyol. Negara di Semenjung Iberia ini mampu menghasilkan minyak zaitun sebesar 1.598,900 ton pada tahun 2019. Produksi minyak zaitun di Spanyol ini selalu meningkat dari tahun ke tahun. Besarnya produksi minyak zaitun di Spanyol dipengaruhi oleh kondisi geografis berupa tanah dan iklim yang sangat mendukung pertumbuhan tanaman zaitun. 

Daerah yang menjadi penyumbang utama produksi minyak zaitun yakni Andalusia, yang mana menyumbang 75 persen dari total produksi nasional. Serta Castilla-La Mancha juga menjadi daerah penyumbang kedua terbesar produksi utama minyak zaitun di Spanyol. Sebagian produksi minyak zaitun Spanyol dieskpor ke Inggris, Australia, Prancis, dan berbagai negara lainnya. 

Di sisi lain, masyarakat Spanyol juga memanfaatkan minyak zaitun sebagai bahan utama untuk memasak berbagai makanan khas negeri Matador ini. 

KL For GAEKON