6 Orang Jadi Korban Ledakan Pipa Pabrik Kimia Di Cilegon

0

6 Orang Jadi Korban Ledakan Pipa Pabrik Kimia Di CilegonGaekon.com – Sebanyak 6 orang terluka menjadi korban ledakan pipa pabrik kimia di PT Mitsubishi Chemical Indonesia (MCCI), Kota Cilegon, Banten.

Melansir dari Liputan6, peristiwa ini terjadi pada Rabu (23/2) dini hari sekitar pukul 04.00 WIB. Suara ledakannya itu menggelegar, memekakkan telinga warga Kota Cilegon.

Keenam korban itu adalah Ts, St, AD, Tl, Ag, dan EN. Mereka merupakan sopir tangki Pertamina yang sedang mengantre mengisi BBM dari depot ke dalam mobil.

“Korbannya berasal dari awak mobil tangki (Pertamina), supir mobil tangki yang sedang mengambil BBM yang akan diteruskan ke masyarakat atau konsumen, terkena semburan cairan tadi,” kata Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono.

Sigit menerangkan bahwa korban tidak mengalami luka bakar, namun hanya sesak napas, matanya pedih, dan ada trauma. Biaya pengobatan dan perawatan para korban ditanggung oleh PT MCCI hingga sembuh kembali.

Pihaknya sudah memastikan operasional Pertamina Tanjung Gerem beraktivitas dengan normal dan pengiriman BBM tidak terganggu, meski sempat mencelakai enam sopirnya.

“Karena berkaitan dengan Pertamina, saya pastikan suplai bahan bakar tidak terganggu. Jadi kegiatan di Pertamina tidak terganggu. Proses distribusi BBM tidak terganggu,” terangnya.

Manajemen PT MCCI mengaku siap bertanggung jawab jika ada korban luka ataupun warga di sekitar perusahaan yang terdampak, akibat ledakan perusahaan. Pihak manajemen mengklaim sudah berkomunikasi dengan Ketua RT, RW, lurah, hingga camat untuk melapor ke perusahaan, jika ada warganya yang terdampak usai ledakan.

“Untuk korban di Perrtamina sudah berkomunikasi dengan pihak manajemennya, nanti apa yang menjadi dampak di sana akan menjadi tanggung jawab kami. Dan kalau dari masyarakat, kami sudah komunikasi juga dengan lurah, apabila nanti ada keluhan, maka Pak Lurah akan menyampaikan kepada kami,” ujar General Affair dan CSR PT MCCI, M Reza Maulana.

Beruntungnya, ledakan ini tidak menimbulkan kebakaran di depot Pertamina Tanjung Gerem, yang memang berdampingan dengan PT MCCI. Namun, Kepolisian belum bisa memastikan bahan kimia yang keluar dari pipa apakah berbahaya atau tidak. Pasalnya, jika mengenai tumbuhan, daunnya menjadi layu.

D For GAEKON