6 Tahun Lebih Ringan, Jaksa Pinangki Divonis 4 Tahun Penjara

0

6 Tahun Lebih Ringan, Jaksa Pinangki Divonis 4 Tahun PenjaraGaekon.com – Pengadilan Tinggi DKI Jakarta memvonis Jaksa Pinangki Sirna Malasari 6 tahun lebih ringan dibanding putusan sebelumnya, yaitu hanya selama 4 tahun.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Hukuman Jaksa Pinangki dipotong setelah banding yang diajukannya dikabulkan pada tingkat banding.

“Menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa tersebut oleh karena itu dengan pidana penjara selama 4 tahun dan denda sebesar Rp 600.000.000, dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 6 bulan,” dikutip dari laman resmi PT DKI Jakarta, Senin (14/6).

Jaksa Pinangki dinilai tetap terbukti atas tiga dakwaan, yakni suap, pencucian uang, dan pemufakatan jahat. Ia dinilai terbukti menerima USD 500 ribu atau sekitar Rp 7,3 miliar dari Djoko Tjandra.

Selain itu ia juga terbukti menerima USD 450 ribu atau sekitar Rp 6,6 miliar, sementara sisanya diberikan kepada Anita Kolopaking.

Uang itu diberikan agar Djoko Tjandra bisa kembali ke Indonesia tanpa harus dieksekusi 2 tahun penjara di kasus cessie Bank Bali.

Hakim banding menilai bahwa Jaksa Pinangki terbukti dalam Pasal 5 ayat (1) huruf a UU Pemberantasan Tipikor. Ini merupakan dakwaan subsider. Kedua, Pinangki dinilai terbukti melakukan pencucian uang senilai USD 375.279 atau sekitar Rp 5.253.905.036.

Uang itu merupakan bagian dari suap yang diberikan Djoko Tjandra sebesar USD 450 ribu. Jaksa Pinangki menggunakan uang tersebut untuk membeli mobil BMW X5, pembayaran sewa apartemen di Amerika Serikat, pembayaran dokter kecantikan di AS, pembayaran dokter home care, pembayaran sewa apartemen, dan pembayaran kartu kredit.

Jaksa Pinangki juga dinilai melakukan pemufakatan jahat bersama Andi Irfan Jaya dan Djoko Tjandra untuk menyuap pejabat di Kejaksaan Agung dan MA senilai USD 10 juta.

Hakim menilai Jaksa Pinangki terbukti melanggar Pasal 3 UU Nomor 8 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang dalam dakwaan itu. Vonis ini sama dengan tuntutan jaksa pada pengadilan tingkat pertama yakni 4 tahun penjara.

Sebelumnya, majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta memvonis Pinangki dengan hukuman 10 tahun penjara. Vonis ini memotong lebih dari setengah hukuman Jaksa Pinangki.

D For GAEKON