7 BURUNG YANG MEMILIKI SUARA PALING MERDU DI DUNIA

0

Hewan memiliki ciri khas suara yang berbeda – beda. Mulai dari kucing, ayam, sapi, kambing, ular, singa, macan, dan masih banyak lagi. Mereka semua mengeluarkan suara yang berbeda – beda. Seperti meong meong, petok – petok, mooooo, embeekk, hingga meraung – raung.

Suara hewan ini seringkali menjadi menakutkan jika didengarkan oleh anak – anak. Karena volume suaranya yang sangat besar. Bahkan ada beberapa anak hingga menangis keras hanya karena kaget mendengarkan suara hewan.

Memang hewan identik dengan hal menakutkan, padahal tidak semuanya hewan menakutkan. Dan tidak semuanya juga memiliki karakter suara yang seram, sehingga bisa membuat orang takut mendengarnya.

Ternyata beberapa hewan juga ada yang memiliki karakter suara merdu, contohnya seperti burung. Sebagian orang sudah mulai memelihara burung di rumahnya. Biasanya mereka menempatkan burung tersebut di depan teras rumah.

Kicauan merdunya yang dikeluarkan setiap jam mampu menusuk telinga. Suara merdu burung memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Berikut deretan jenis burung yang memiliki suara paling merdu di dunia.

  1. Common Nightingale

Burung yang mempunyai suara merdu pertama adalah Burung Common Nightingale. Nama “nightingale” sendiri berarti nyanyian malam karena burung ini akan bernyanyi saat malam atau menjelang fajar tiba. Common Nightingale dikenal memiliki suara merdu yang kuat dan suara mereka bisa didengar dari jarak yang cukup jauh.

Common Nightingale akan banyak bernyanyi saat musim kawin. Hal ini dilakukan karena untuk menarik perhatian betinanya. Melodi yang dinyanyikan biasanya banyak sekali. Biasanya hingga 250 variasi lagu. Saat musim panas, burung-burung penyanyi ini akan tinggal dan berkembang biak di utara. Sementara itu, ketika musim dingin tiba, mereka akan bermigrasi ke Afrika.

  1. Canary

Bukan hanya Burung Common Nightingale yang memiliki suara merdu. Burung Canary juga masuk dalam deretan burung yang bersuara merdu. Nama canary ini diambil dari nama pulau Canary di Spanyol. Meski Burung Canary jantan dan betina bisa bernyanyi dengan baik, namun burung canary jantanlah yang memiliki suara paling merdu. Karena sangat merdunya, burung-burung ini menjadi burung peliharaan Raja Inggris di abad ke-17.

Burung Canary bisa bernyanyi kapan saja ketika dia mau, kecuali pada musim panas. Karena pada musim tersebut, burung ini merontokkan bulu mereka dan berhenti bernyanyi hingga musim panas berakhir.

  1. Koels Asia

Selain canary, burung yang memiliki suara merdu selanjutnya adalah Burung Koels Asia. Sesuai dengan namanya, koels Asia tinggal di benua Asia. Kebanyakan dari mereka tinggal di hutan rimbun yang ada di Bangladesh, India, Australia, dan Kepulauan Solomon. Sama seperti burung lain, koels Asia bernyanyi paling banyak saat musim kawin tiba. Musim kawin ini terjadi dari bulan maret hingga agustus.

Koels jantan akan mengeluatkan suara “ko-ooo” untuk memanggil, dan sang betina akan menjawab dengan suara “kik-kik-kik”. Bukan hanya sekedar untuk bernyanyi saja. Burung Koels Asia juga menggunakan suaranya untuk menandai wilayah.

  1. American Robin

Deretan burung yang memiliki suara merdu selanjutnya adalah Burung American Robin. Di Amerika Utara, burung satu ini termasuk jenis yang bisa ditemukan dengan mudah. American Robin senang tinggal di hutan pinus, atau taman dekat kota. Burung American Robin ini memiliki ciri khas sendiri. Bulunya yang berwarna abu, hitam dibagian kepala, dan orange di bagian bawah.

Biasanya mereka bernyanyi saat pagi hari. Suaranya mirip seperti suara peluit yang diulang selama tiga sampai empat kali secara berurutan. Suara peluit tersebut diulang dengan nada yang beda. Selain bernyanyi untuk menyambut fajar, American Robin juga mengeluarkan suara merdunya saat merasa terancam.

  1. Rose – Breasted Grosbeak

Burung yang memiliki suara merdu lainnya adalah Burung Rose – Breasted Grosbeak. Burung satu ini tinggal di Kanada atau Amerika Serikat dan kemudian bermigrasi ke Amerika Tengah. Jenis burung Rose – Breasted Grosbeak ini semua gender memiliki suara yang sama sama merdu. Baik itu burung betina maupun jantan memiliki suara yang sama, namun dengan nada yang berbeda-beda.

Ternyata bukan hanya manusia saja yang bisa romantis. Selain bersuara merdu, Rose-Breasted Grosbeak ini juga sangat romantis. Ketika betina membangun sarang, jantannya akan bernyanyi disalah satu dahan pohon untuk menyemangati pasangannya. Keromantisannya ini yang membuat burung Rose – Breasted Grosbeak semakin unik dan menarik.

  1. Cuckoo Billed Channel

Deretan ke enam burung yang memiliki suara merdu adalah Burung Cuckoo Billed Channel. Burung ini tidak kalah dari burung-burung di Amerika, Indonesia juga memiliki burung dengan suara merdu. Cuckoo Billed Channel ini tinggal di Papua, Indonesia selama musim dingin. Ketika suhu sudah mulai hangat, burung ini akan bermigrasi ke Australia Timur untuk berkembang biak.

Cuckoo Billed Channel menggunakan suara merdunya untuk menarik perhatian betina. Uniknya, setiap jantan memiliki suara yang berbeda satu sama lain agar betina bisa mengenalinya dengan mudah.

  1. Jam Thrush

Masih ada burung lainnya yang memiliki suara paling merdu di dunia. Yaitu Burung Jam Thrush. Tidak mau kalah dengan burung lainnya, Jam Thrush memiliki keunikan tersendiri. Yang keren dari burung-burung ini adalah, mereka tidak menyanyikan lagu sendirian melainkan secara bersamaan membentuk paduan suara dihutan sunyi.

Mereka akan berkumpul di cabang-cabang pohon dengan menggunakan tiga sampai empat nada. Suara mereka sangat merdu dan membuat lagu yang dinyanyikan terasa manis.

Menarik bukan? Suara merdu burung – burung ini seakan mengalahkan suara merdu yang dimiliki manusia pada umumnya.

KL For GAEKON