Abdi Dalem Keraton Yogyakarta Temukan Kerangka Manusia Di Semak-Semak Saat Labuhan Merapi

0

Abdi Dalem Keraton Yogyakarta Temukan Kerangka Manusia Di Semak-Semak Saat Labuhan MerapiGaekon.com – Rombongan abdi dalem Keraton Yogyakarta tak sengaja menemukan kerangka manusia saat upacara adat Labuhan Merapi, Senin (15/3) pagi.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Para abdi dalem itu tak sengaja menemukannya di sekitar jalan setapak menuju Bukit Kendil.

Anggota SAR Linmas Kaliurang, Riris Prihatin (25), membenarkan penemuan kerangka tersebut. Ia mengatakan bahwa rombongan menemukan sesosok kerangka manusia di semak-semak.

Awalnya yang terlihat adalah tulang betis, namun setelah semak belukar dibersihkan baru terlihat tengkorak. Kerangka tersebut kemudian dievakuasi ke bawah setelah berkoordinasi dengan anggota SAR dan polisi.

“Jadi sudah murni kerangka. Penemuannya tadi pukul 09.50 WIB,” ujar Riris.

Kapolsek Cangkringan, AKP Nidia Ratih, menjelaskan kerangka tersebut saat ini telah dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk diautopsi.

“Dibawa ke RS Bhayangkara untuk diautopsi untuk mengungkap identitas,” terangnya.

Awalnya, Riris bersama dua anggota SAR mengantar abdi dalem ke Pos II usai prosesi labuhan di Sri Manganti atau Pos I Gunung Merapi.

“Saya, Mas Amad, dan Mas Wahid dari SAR DIY mengawal abdi dalem dari Sri Manganti ke Pos Rudal atau Pos II untuk mengambil ‘oleh-oleh’ (tumbuhan -red),” kata Riris.

Kemudian para abdi dalem yang berjumlah 6 orang awalnya berdoa di Pos II. Setelah itu mereka melanjutkan perjalan ke ke Bukit Kendil. Anggota SAR Linmas Kaliurang pun mengikuti perjalanan itu.

“Saya di barisan paling belakang,” terang Riris.

Di tengah perjalanan itulah para abdi dalem tanpa sengaja menemukan sesosok kerangka manusia di semak-semak.

D For GAEKON