Akhir Juni 500 TKA Tiongkok Positif Masuk Indonesia

0
Akhir Juni 500 TKA Tiongkok Positif Masuk Indonesia

Gaekon.com – 500 TKA asal Tiongkok positif masuk ke Sulawesi Tenggara pada akhir Juni 2020. Mereka akan bekerja di pertambangan nikel di PT Virtue Dragon Nickel Industry dan PT Obsidian Stainless Steel yang berlokasi di Sultra.

“Info yang kami dapat memang seperti itu, TKA akan datang akhir Juni atau awal Juli. tergantung penyelesaian administrasi kesehatan bebas COVID-19 dan lain-lain perjalanan,” ungkap Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Aris Wahyudi Selasa (23/6).

Pihaknya melakukan pengawasan pada TKA Tiongkok. Kemnaker akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah Konawe, Sulawesi Tenggara.

“Untuk memastikan pemenuhan prosedur, posisi Kemnaker melakukannya melalui Pengawas Ketenagakerjaan dan partisipasi kita dalam Tim PORA di Daerah,” sambungnya.

Sebelumnya, Gubernur Sultra Ali Mazi bersama sejumlah pejabat daerah di Sultra memang sempat menolak rencana kedatangan 500 TKA China itu. Namun, belakangan ratusan TKA Tiongkok diizinkan masuk.

“Memang kita kan tidak melarang, dulu kita minta untuk ditunda karena suasana kebatinan karena kita akan menghadapi bulan puasa. Saya minta ke pihak perusahaan untuk ditunda sampai selesai bulan puasa, sekarang sudah selesai mereka datang kembali untuk meminta izin lagi,” terang Ali Mazi saat ditemui awak media di gedung Paripurna DPRD Sultra, pada Selasa (16/6).

Ia juga menjelaskan bahwa rencana kedatangan 500 TKA Tiongkok ke Sultra itu telah memenuhi seluruh persyaratan dan perizinan sesuai dengan ketentuan yang ada, terlebih mengenai persyaratan protokol kesehatan penanganan COVID-19.

“Kalau kita bicara COVID-19 ini dunia kita tinggal menjaga saja, kan sudah ada protokol kesehatan. Masak karena COVID-19 terus tidak ada orang yang kerja? Semua mati kelaparan kalau tidak kerja. Apalagi sekarang sudah memasuki fase new normal,” terang Ali.

K For GAEKON