Akhirnya China Berikan Ucapan Selamat Kemenangan Pilpres Joe Biden dan Kamala Harris

0

Akhirnya China Berikan Ucapan Selamat Kemenangan Pilpres Joe Biden dan Kamala HarrisGaekon.com – Akhirnya pemerintah China mengucapkan selamat kepada Presiden terpilih AS Joe Biden pada Jumat (13/11/2020) waktu setempat. Setelah diketahui sebelumnya pihak China belum mengumumkan ucapan selamat seminggu setelah Biden dinyatakan sebagai pemenang pemilihan presiden AS 2020.

Dalam beberapa tahun terakhir, diketahui Hubungan AS-China semakin tegang di bawah pemerintahan petahana Donald Trump. Selain itu, hubungan kedua Negara terebut tak pernah dingin saat ini sejak hubungan formal dimulai empat dekade lalu.

Diketahui selama empat tahun Trump di Gedung Putih telah ditandai dengan perang dagang antara kedua negara tersebut. Selain itu, dua kekuatan negara tersebut juga memperdebatkan berbagai hal, mulai dari tuduhan atas pandemi virus Corona hingga catatan hak asasi manusia Beijing di Xinjiang dan Hong Kong.

Di bawah slogan “America First” -nya, Donald Trump telah menggambarkan China sebagai ancaman terbesar bagi Amerika Serikat dan demokrasi global.

“Kami menghormati pilihan rakyat Amerika. Kami mengucapkan selamat kepada Mr Biden dan Ms Harris,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin pada jumpa pers reguler, merujuk pada Kamala Harris yang menjadi wakil Biden.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (13/11/2020), Wang mengatakan China memahami bahwa “hasil pemilu AS akan ditentukan sesuai dengan hukum dan prosedur AS”.

Sebelumnya China berada di antara segelintir negara besar termasuk Rusia dan Meksiko yang belum memberi selamat kepada presiden terpilih, Biden. Awal pekan ini, pihak Beijing hanya menyatakan bahwa mereka “memperhatikan Biden menyatakan dirinya adalah pemenang”.

Pada saat itu Wang terus menolak untuk mengakui kemenangan Biden walaupun sejumlah pertanyaan berulang-ulang dari para awak media.

Z For GAEKON