Akses Masuk SDN Tugu 2 Tasikmalaya Ditembok Beton, Polisi Cek Keabsahan Sertifikat

0

Akses Masuk SDN Tugu 2 Tasikmalaya Ditembok Beton, Polisi Cek Keabsahan SertifikatGaekon.com – Benteng beton yang menutup akses jalan ke Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tugu 2, Gunung Jambu, Kelurahan Tugujaya, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat ini menyimpan banyak tanya.

Saat ini Polsek Cihideung dan Polresta Tasikmalaya tengah melakukan pengecekan keabsahan sertifikat pemilik lahan yang mendirikan benteng beton setinggi 3 meter tersebut.

Melansir dari Medcom, Kapolsek Cihideung, AKBP Zaenal Mutaqin menerangkan sekolah tersebut telah berdiri sejak puluhan tahun dan baru direnovasi pada 2012.

Pembangunan tembok beton hingga menutup akses jalan utama dilakukan dengan dalih agar lahan tidak diklaim pihak sekolah.

“Saya sudah cek keabsahan dari sertifikat itu ke kelurahan Tugujaya. Ternyata betul sesuai data kelurahan, tanah itu milik seorang warga tetapi satu lagi tanah di depan sekolah belum tercatat di kelurahan siapa pemiliknya,” ujar Zaenal.

Zaenal mengatakan bahwa lahan di depan sekolah dimiliki oleh dua orang. Sementara satu pemilik telah teridentifikasi sedangkan pemilik lainnya belum jelas.

Zaenal memastikan bahwa pihak polisi akan mengawasi penyelesaian permasalahan yang dijembatani pemerintah Kota Tasikmalaya.

“Kami berharap proses komunikasi yang dilakukan nanti berjalan lancar antara perwakilan pemerintah Kota Tasikmalaya, Dinas Pendidikan, dan pemilik lahan,” jelasnya.

Sebelumnya, benteng beton setinggi 3 meter itu menutup akses jalan ke SDN Tugu 2. Pembangunan benteng ini dilakukan oleh pemilik lahan.

Akibat adanya benteng tersebut, 167 siswa bersama guru hanya bisa menyusuri pematang sawah dan melalui area pemakaman umum menuju sekolah.

Kepala Sekolah SDN Tugu 2, Sri Mulyani, mengatakan, awalnya sekolah memiliki jalan utama di jalan SL Tobing tapi ada keputusan sertifikat yang dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang menyatakan akses jalan ke sekolah dimiliki seseorang hingga pemilik langsung membangun dan mendirikan benteng setinggi 3 meter.

D For GAEKON