Aktor Bollywood Rishi Kapoor Meninggal di Usia 67 Tahun

0
Aktor Bollywood Rishi Kapoor Meninggal di Usia 67 Tahun

GAEKON – Aktor kenamaan Bollywood Rishi Kapoor meninggal dunia di usia 67 tahun setelah berjuang melawan kanker darah. Kabar duka tersebut diumumkan oleh pihak keluarga.

“Rishi Kapoor yang kami sayangi telah meninggal dunia dengan damai. Hari ini, setelah dua tahun melawan leukimia,” kata pernyataan pihak keluarga, Kamis (30/4).

Kabar kepergian aktor yang telah berkecimpung selama lebih dari setengah abad di industri film tersebut menjadi pukulan besar bagi Bollywood setelah Rabu (29/4), aktor sukses Irrfan Khan meninggal dunia.

Kepergian Rishi Kapoor juga membuat aktor kawakan Bollywood lainnya, Amitabh Bachchan berduka. Dalam sebuah kicauan di Twitter, ia berujar “saya hancur”.

Lahir pada 4 September 1952 dalam dinasti Kapoor, Rishi Kapoor debut menjadi aktor dalam film Mera Naam Joker atau My Name is Joker pada 1970. Penampilannya menuai banyak pujian.

Atas penampilan Rishi Kapoor dalam film itu, ia diganjar penghargaan National Film Award for Best Child Artist. Ia kembali mendapatkan penghargaan sebagai Best Actor dalam ‘Oscar’ versi Bollywood, Filmfare Award, lewat film Bobby pada 1973.

Berkat akting di Bobby pula, ia dikenal sebagai aktor dengan peran utama yang romantis dan memenangkan hati para penggemarnya. Rishi Kapoor dikenal baik dalam adegan musikal seperti bernyanyi, menari, dan persona dirinya.

Bukan hanya lewat Bobby, Rishi Kapoor juga membuat penggemarnya mabuk kepayang lewat film komedi romantis Amar Akbar Anthony pada 1977.

Seiring Rishi Kapoor dewasa, peran romantis yang melekat dengan dirinya berhenti dan ia memperluas jangkauan ke berbagai genre film lainnya.

Ia pernah dengan sukses tampil menakutkan sebagai penjual manusia dalam film Agneepath pada 2012, dan menuai pujian atas peran kakek yang kecanduan porno BDSM dalam Kapoor & Sons (2016).

Total sejak 1970 hingga 2000, Rishi Kapoor telah bermain dalam 92 film sebagai peran utama yang romantis.

Sebelum meninggal dunia, Rishi Kapoor mengaku dirinya didiagnosis mengidap kanker pada 2018 dan sempat menjalani perawatan di New York.

Kala dirawat, Rishi Kapoor masih giat bekerja dengan mencari cara untuk melanjutkan proyek pembuatan ulang film Hollywood, The Intern.

Dia dipaksa kembali ke rumah sakit pada April 2020, keluarganya mengatakan “Para dokter dan staf medis.. mengatakan dia tetap menghibur hingga akhir hayatnya.”

 

Z For GAEKON