Tingkat Akurasi Capai 99%, Tes PCR Kumur BioSaliva Turun Harga Jadi Rp 495 Ribu

0

Tingkat Akurasi Capai 99%, Tes PCR Kumur BioSaliva Turun Harga Jadi Rp 495 RibuGaekon.com – Melakukan tes antigen dan semacamnya saat ini tengah menjadi rutinitas. Pasalnya, jika mereka terpaksa harus beraktivitas di luar rumah maka harus memastikan bahwa dirinya sehat dan negatif Covid-19.

Hal ini akhirnya membuat banyak orang membeli alat tes antigen yang dicolokkan ke hidung. Selain melakukannya dengan dicolok, tes lainnya yang bisa dilakukan yaitu dengan metode tes PCR kumur.

Metode tes tersebut, alatnya telah dikembangkan oleh BUMN farmasi PT Bio Farma (Persero) bekerja sama dengan perusahaan rintisan bioteknologi Nusantics. Alat tersebut bernama BioSaliva.

Menurut Direktur pemasaran PT Bio Farma, Sri Harsi Teteki, BioSaliva ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi Kemenkes di tengah banyaknya barang impor dalam penanganan pandemi corona.

”Seperti kita ketahui banyak sekali produk yang masih impor, sehingga atas riset yang kita lakukan (melalui BioSaliva) mudah-mudahan bisa menjadi pilihan dari Kementerian Kesehatan untuk regulasi ke depannya produk dalam negeri ini bisa diutamakan,” ujarnya.

Mengutip akun instagram GSI Lab yang merupakan pemasar alat tes PCR kumur tersebut, harga yang ditawarkan pada bulan Juli masih Rp 799.000 untuk sekali tes.

Harga Tes PCR Kumur BioSaliva Rp.495.000

Namun seiring diturunkannya harga swab PCR dan juga antigen oleh pemerintah per 16 Agustus 2021, GSI Lab juga menurunkan harga tes PCR kumur BioSaliva, yaitu dari semula Rp 799.000 menjadi Rp 495.000.

Sebelumnya dalam rapat dengan Komisi VI DPR, Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir, menyatakan tingkat akurasi hasil tes PCR kumur mencapai 99 persen.

“Perusahaan sudah melakukan pengetesan tingkat keakuratan BioSaliva terhadap semua varian virus corona. Hasilnya di atas 99 persen,” ujar Basyir.

D For GAEKON