Tekan Laju Covid-19, Ini Alasan Jokowi Tolak PSBB Dan Lebih Memilih PPKM Mikro

0

PPKM MikroGaekon.com – Kasus Covid-19 yang kian meningkat membuat pemerintah semakin resah. Presiden Jokowi mengaku mendapat banyak masukan agar pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB).

Hal ini guna menekan laju Covid-19. Namun, Jokowi menolak PSBB dan menegaskan bahwa kebijakan yang diambil adalah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro. Menurutnya, PPKM Mikro masih menjadi kebijakan yang paling tepat untuk konteks saat ini.

“Kenapa pemerintah memutuskan PPKM mikro? Pemerintah melihat bahwa kebijakan PPKM Mikro masih menjadi kebijakan yang paling tepat untuk konteks saat ini, untuk mengendalikan Covid-19 karena bisa berjalan tanpa mematikan ekonomi rakyat,” ucap Jokowi.

Jokowi mengatakan bahwa PPKM mikro dan lockdown memiliki esensi yang sama, yaitu membatasi kegiatan masyarakat. PPKM Mikro yang terimplementasi dengan baik dapat mengendalikan laju kasus.

Namun, PPKM Mikro saat ini belum menyeluruh dan masih sporadis di beberapa tempat sehingga masih terjadi laju penyebaran kasus.

Presiden Jokowi Minta Komitmen Kepala Daerah

Jokowi meminta agar gubernur bupati dan wali kota meneguhkan komitmennya, mempertajam penerapan PPKM Mikro, dan mengoptimalkan posko-posko Covid-19.

Fungsi utama posko adalah mendorong perubahan perilaku masyarakat agar disiplin dalam memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan.

PPKM Mikro dengan PSBB sendiri sebenarnya memiliki arti yang sama. Keduanya sama-sama membatasi kegiatan masyarakat baik di sekolah, kantor, tempat ibadah, hingga mal dan pasar.

PSBB diterapkan skala provinsi, sementara PPKM Mikro diterapkan di tingkat desa/kelurahan sehingga diklaim lebih efektif karena didukung adanya posko.

D For GAEKON