Meski Damai Kasus Tetap Lanjut, Anak Anggota DPRD Pekanbaru Terancam 15 Tahun Penjara

0

Meski Damai Kasus Tetap Lanjut, Anak Anggota DPRD Pekanbaru Terancam 15 Tahun PenjaraGaekon.com – Kasus dugaan pemerkosaan oleh anak anggota DPRD pekanbaru, AR (21) tetap berlanjut. AR terancam dibui maksimal 15 tahun.

Melansir dari Liputan6, Kepala Polres Pekanbaru Kombes Pol Pria Budi menerangkan bahwa kasus ini merupakan perkara pencabulan dan persetubuhan anak dan diatur dalam pasal 81 atau pasal 82 UU nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan perempuan dan anak.

“Ancaman hukuman sedikitnya lima tahun penjara dan maksimal 15 tahun,” terangnya.

Sebelumnya dikabarkan bahwa keluarga pelaku dan korban telah dinyatakan berdamai. Keluarga pelaku memberikan uang sebesar Rp80 juta kepada keluarga korban.

“Benar. Namun penanganan kasus ini tetap berjalan sesuai dengan aturan hukum yang ada,” sebutnya.

Budi juga mengatakan pelecehan seksual bukan merupakan delik aduan sehingga kasus tetap berjalan sesuai aturan yang ada walaupun laporan telah dicabut oleh pihak korban.

“Kami sampaikan kasus sudah tahap satu, artinya berkas sudah ada di kejaksaan. Semoga dalam waktu yang tidak lama akan ada diperiksa jaksa dan bila ada kurang kami akan memenuhinya,” terangnya.

Budi mengatakan jika berkas sudah dinyatakan P21 oleh jaksa penuntut umum dalam artian sudah lengkap, maka tersangka pemerkosaan beserta barang bukti akan diserahkan kepada kejaksaan.

Sementara itu Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Provinsi Riau Esther Yuliani menilai kasus pemerkosaan terhadap anak berusia 15 tahun itu adalah kejahatan luar biasa.

Mengingat kasus ini tengah menjadi sorotan publik, LPA Provinsi Riau mengajak seluruh masyarakat untuk bersama mengawal proses hukum kasus tersebut.

D For GAEKON