Anak Dicovidkan, Pihak Keluarga Laporkan RS di Semarang Akibat Dugaan Malapraktik

0

Anak Dicovidkan, Pihak Keluarga Laporkan RS di Semarang Akibat Dugaan MalapraktikGaekon.com – Keluarga Samuel Reven (26) Pasien Rumah Sakit Telogorejo Semarang laporkan pihak rumah sakit ke polisi akibat dugaan malapraktik. Rumah sakit tersebut diduga telah mengcovid-kan Samuel Reven.

Menurut keterangan Ibu Samuel, Erni Marsaulina, Samuel dicovid-kan agar pihak rumah sakit memperoleh anggaran dari Kementerian Kesehatan. Nyawa Samuel tak dapat diselamatkan setelah empat hari menjalani perawatan di ruang isolasi.

Samuel akhirnya meninggal dunia dan dinyatakan negatif Covid-19 berdasarkan dua kali tes usap serta foto toraks paru-paru.

Menurut keterangan Erni, dugaan itu terungkap saat korban menjalani proses perawatan di rumah sakit tersebut. Saat masuk ke RS Telogorejo, putra sulungnya itu sempat harus menunggu beberapa jam sebelum mendapat kamar.

Kemudian petugas rumah sakit datang dengan membawa sebuah formulir yang harus diisi jika ingin segera memperoleh kamar. Pihak keluarga menolak tawaran tersebut, karena mereka ingin membayar secara mandiri.

Namun Erni akhirnya menandatangani formulir tersebut agar putranya itu bisa segera bisa mendapat kamar. Samuel akhirnya ditempatkan di kamar isolasi karena pada pemeriksaan tes cepat Covid-19 hasilnya reaktif.

Namun setelah 4 hari perawatan, Samuel meninggal dunia. Setelah mengurus berbagai hal yang berkaitan dengan pemulangan jenazah, keluarga kemudian mengurus biaya perawatan ke rumah sakit.

“Seluruh biaya dinolkan, tidak dipungut biaya oleh rumah sakit,” ucap warga Cijantung, Jakarta Timur ini.

Samuel dimakamkan di Jakarta tanpa melalui protokol Covid-19. Pihak Keluarga korban ingin mengetahui penyebab pasti kematian Samuel. Meskipun pihak RS sempat mengatakan bahwa mereka telah melakukan tindakan medis terbaik sesuai dengan standar pengobatan.

D For GAEKON