Anggaran Pemilu 2024 Sebesar Rp 110 Triliun, Djarot Saiful: Itu Perlu Dihitung Ulang

0

Anggaran Pemilu 2024 Sebesar Rp 110 Triliun, Djarot Saiful: Itu Perlu Dihitung UlangGaekon.com – Anggaran pemilu 2024 diketahui sebesar Rp110 triliun. Hal ini sontak mengundang kritik dari PDIP. Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat menilai, perkiraan tersebut perlu dihitung ulang.

Melansir dari CNN, Menurut Djarot hal itu perlu dihitung ulang, pasalnya pada tahun 2024 ada dua kali penyelenggaraan pemilu, yakni Pilpres dan Pileg pada Februari, serta Pilkada serentak pada November.

“Tentunya perlu dihitung ulang, karena pemilu 2024 itu kan dua kali pemilu, satu pemilu legislatif dan presiden, kemudian November pemilu kepala daerah seluruh Indonesia, makanya harus dihitung dengan cermat,” ujar Djarot.

Anggaran Akan Dipersiapkan Secara Bertahap

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah memerintahkan anak buahnya untuk mempersiapkan anggaran yang akan digunakan para penyelenggara pemilu 2024.

Dia menyebut anggaran pemilu dan pilkada pada 2024 akan mencapai Rp110,4 triliun. Jokowi menegaskan bahwa hal itu akan dipersiapkan secara bertahap.

“KPU-nya Rp76,6 triliun dan Bawaslunya Rp33,8 triliun. Ini saya minta didetailkan lagi, dihitung lagi, dikalkulasi lagi dengan baik dalam APBN dan APBD, dipersiapkan secara bertahap,” ujar Jokowi.

Tak hanya masalah anggaran, Djarot juga menyoroti kesiapan penyelenggaraan pemilu pada 2024. Pasalnya, penyelenggara pemilu seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan dihadapi jadwal yang padat.

“Karena jarak antara pemilu dan pilkada itu tidak jauh. Ini betul-betul harus waspada, harus cermat, harus dihitung cermat, bukan hanya pendanaannya tapi juga tahapan-tahapannya. Ini harus cermat,” ujarnya.

Djarot berharap agar para komisioner KPU dan anggota Bawaslu periode 2022-2027 yang baru saja dilantik siang tadi segera mempersiapkan pemilu. Terlebih, tahapan pemilu akan dimulai pada Juni 2022.

“Langsung saja tancap gas ya, gaspol, kerja keras untuk menyiapkan berbagai macam perangkatnya dan saya yakin teman teman di KPU dan Bawaslu akan mampu,” ungkap Djarot.

D For GAEKON