Angin Kencang, 18 Buah Tiang Listrik Roboh Tutup Akses Masuk Taman Nasional Alas Purwo

0

Angin Kencang, 18 Buah Tiang Listrik Roboh Tutup Akses Masuk Taman Nasional Alas PurwoGaekon.com – Sebanyak 18 buah tiang listrik roboh di sepanjang jalan Taman Nasional Alas Purwo (TNAP). Hal ini membuat TNAP terpaksa harus ditutup untuk kunjungan wisatawan.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Detik, TNAP bakal ditutup selama kurang lebih satu minggu. Koordinator Perlindungan Balai TNAP, Sucipto, menyatakan sebanyak 18 tiang listrik roboh karena tertimpa pohon tumbang.

“Pohon tumbang itu kena angin kencang dan tumbang menimpa kabel,” terangnya.

Tiang listrik itu roboh melintang di tengah jalan. Pohon tumbang itu karena diterpa angin kencang. Puluhan tiang listrik yang roboh itu menutup akses masuk ke salah satu wisata alam andalan Banyuwangi ini.

Sejak Rabu sudah banyak wisatawan yang terpaksa putra balik karena tidak bisa masuk. Imbas dari kejadian ini, kata Sucipto, TNAP akan ditutup untuk kunjungan wisatawan.

“Untuk ke depan mungkin 3 hari sampai seminggu akan kita tutup. Karena memang tidak memungkinkan masuk. Tapi, kita masih menunggu informasi lebih lanjut,” ujarnya.

Balai TNAP juga sudah berkoordinasi dengan pihak PLN. Proses evakuasi tiang listrik sudah dilakukan oleh pihak PLN.

Kepala PLN UP3 Banyuwangi Krisantus H. Setyawan mengatakan bahwa untuk perbaikan ini akan berlangsung 2 hari ke depan. Pasalnya, tiang listrik yang roboh itu kondisinya sudah tidak bisa dipakai lagi.

Pihak PLN harus mengganti 18 tiang baru, untuk kembali mengaliri destinasi wisata unggulan Banyuwangi ini.

“Kami lakukan secepat mungkin. Kita harus pesan dulu tiang listrik. Karena tiang listrik yang roboh kondisinya retak dan patah. Harapan kita tidak ada halangan dalam perbaikan ini,” jelasnya.

Sebelumnya, pada Selasa, (6/4) malam terjadi angin kencang yang mengakibatkan sejumlah pohon di TNAP tumbang. Salah satunya menimpa jaringan listrik sehingga mengakibatkan tiang listrik tersebut tumbang.

Selanjutnya, tiang listrik yang lain ikut tumbang hingga mencapai 25 tiang listrik. Parahnya, tiang listrik tersebut tumbang ke arah jalan, sehingga menutup akses masuk ke TNAP.

D For GAEKON