Anggotanya Aniaya Warga Merauke, KSAU Ganti Danlanud Dma-Dansatpom

0

Anggotanya Aniaya Warga Merauke, KSAU Ganti Danlanud Dma-DansatpomGaekon.com – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menindaklanjuti Insiden kekerasan yang dilakukan oleh dua oknum anggota TNI AU terhadap seorang warga di Merauke, Papua.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Fadjar memutuskan untuk mengganti Komandan Lanud Johanes Abraham Dimara (Lanud Dma) dan Komandan Satuan Polisi Militer Lanud Dma.

“Setelah melakukan evaluasi dan pendalaman, saya akan mengganti Komandan Lanud JA Dimara beserta Komandan Satuan Polisi Militer Lanud JA Dimara,” ujar Fadjar.

Penggantian Sebagai Bentuk Pertanggung Jawaban

Pergantian ini sebagai bentuk pertanggung jawaban atas tindak kekerasan yang dilakukan oleh 2 oknum anggota Lanud Dma.

“Penggantian ini adalah sebagai bentuk pertanggung jawaban atas kejadian yang berlaku, komandan satuan bertanggung jawab atas pembinaan anggotanya,” ucap Fadjar.

Sebelumnya, Fadjar telah menyampaikan permohonan maaf atas nama TNI AU, khususnya kepada korban dan keluarga.

“Saya selaku KSAU ingin menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada suluh saudara kita di Papua khususnya keluarga di Merauke, terkhusus lagi kepada korban dan keluarga,” ucap Fadjar.

Fadjar berharap masyarakat Papua akan memberikan pintu maaf atas kejadian ini. Ia memastikan TNI AU akan melakukan evaluasi dan menindak tegas dua anggota itu.

Fadjar juga memastikan pihaknya akan terus mengusut tindak kekerasan yang dilakukan dua anggota TNI AU tersebut. Fadjar berjanji bahwa penanganan keduanya akan dilakukan secara transparan.

“Penanganan perkara ini terus masih berlangsung dan dua pelaku sudah kami tahan dan lalu juga untuk penanganan ini kita lakukan secara transparan dan sesuai aturan,” kata Fadjar.

D For GAEKON