Anies Resmikan Pembangunan Masjid At-Tabayyun Meruya Ditengah Aksi Demo Sejumlah Warga

0

Anies Resmikan Pembangunan Masjid At-Tabayyun Meruya Ditengah Aksi Demo Sejumlah WargaGaekon.com – Pembangunan Masjid At-Tabayyun Kompleks Perumahan Taman Villa Meruya, Jakarta Barat menuai protes dari warga setempat. Mereka menggelar aksi demo di sekitar lokasi pembangunan pada Jumat (27/8).

Seperti yang dilansir GAEKON dari CNN, aksi protes sejumlah warga ini bertepatan dengan kegiatan peletakan batu pertama yang dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Kehadiran Anies di sana disambut tepuk tangan sejumlah warga yang menggelar aksi menolak pembangunan masjid. Setibanya di sana Anies memberikan sambutan beberapa saat, lalu meletakkan batu pertama pembangunan dan menandatangani prasasti.

Kebanyakan dari mereka adalah ibu-ibu. Mereka berdiri di pinggir jalan dengan membawa sejumlah spanduk. Salah satu spanduk yang dibawa itu bertuliskan “Selamatkan Ruang Terbuka Hijau Taman Villa Meruya untuk tetap menjadikannya paru-paru Kota Jakarta”.

Selain itu ada juga spanduk yang bertuliskan “Izin Konversi RTH menjadi rumah ibadah di TVM Blok C dibuat tanpa koordinasi para ketua RT dan warga TVM”.

Menurut keterangan salah satu warga bernama Ridwan Susanto, aksi itu digelar untuk menyampaikan aspirasi soal pembangunan rumah ibadah yang dilakukan di atas lahan terbuka hijau.

“Lahan ini adalah lahan RTH. Memang saat ini lahan tersebut digunakan sebagian untuk kegiatan warga, tapi sebagian besar daerah resapan pohon-pohanan dan taman,” katanya.

Ridwan mengatakan bahwa proses pengalihfungsian lahan itu tanpa persetujuan warga. Ridwan mengatakan pihak pengembang sudah menyediakan rumah ibadah di lokasi tidak jauh dari rencana pembangunan.

“Jaraknya sekitar 250 meter dari lokasi (pembangunan masjid),” katanya.

Pembangunan masjid di Taman Villa Meruya menjadi polemik. Masjid itu rencananya dibangun di atas area fasos seluas 1.078 m2 milik Pemprov DKI.

Pihak panitia pembangunan masjid mengklaim telah mendapat Surat Keputusan (SK) Gubernur DKI Jakarta Nomor 1021 Tahun 2021 tentang Persetujuan Pemanfaatan Barang Milik Daerah Berupa Tanah yang Terletak di Taman Villa Meruya.

D For GAEKON