Antisipasi Corona, Polisi Bubarkan Pengunjung Kafe Yang Asyik Nongkrong

0

Surabaya – Imbauan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah makin konkret dilakukan oleh pihak berwenang. Aparat kepolisian dan Satpol PP Pemkot Surabaya membubarkan massa yang tengah asyik nongkrong pada Senin malam 23 Maret 2020.

Polsek Genteng bersama Koramil dan Satpol PP serta Linmas Kota Surabaya berkeliling di kawasan pusat Kota Surabaya. Aparat gabungan itu khusus untuk menyisir tempat pusat keramaian dimana massa berkerumun.

Laporan GAEKON, salah satu kafe di bilangan Kayoon Surabaya jadi target penindakan aparat. Petugas gabungan mengimbau semuanya bubar dan tidak berkerumun.

Massa yang asyik nongkrong itu pun kemudian bubar usai petugas datang. Terlihat para muda-mudi bahkan sepasang suami-istri yang mengajak anak balitanya. Setelah diimbau bubar dan pulang, polisi, TNI, Satpol PP, dan linmas Kota Surabaya menempelkan maklumat Kapolri di kaca kafe.

“Kepada warga yang masih beraktivitas di luar rumah, segera kembali ke rumah masing-masing. Ini untuk mencegah penyebaran virus COVID-19,” kata petugas dengan pengeras suara.

Langkah itu serentak dilakukan segenap polsek di Polrestabes Surabaya. Hal itu guna mengantisipasi meluasnya penyebaran virus corona. Saat operasi itu polisi dibantu oleh koramil dan Satpol PP Kecamatan Genteng.

“Mengimbau kepada seluruh warga yang berkumpul untuk kembali ke rumah masing-masing. Tujuannya untuk memutus mata rantai berkembangnya virus COVID-19,” kata Kapolsek Genteng Kompol Anggi Saputra kepada GAEKON.

Anggi mewakili pihaknya meminta maaf kepada pengusaha yang jadi lokasi razia. Kegiatan itu menurutnya hanya untuk menjaga kepatuhan imbauan pemerintah dan Kapolri.

“Kami tidak melarang dan tidak memotong rezeki pekerja. Kami minta maaf kepada pengusaha karena memang situasinya mengharuskan seperti ini. Alhamdulillah sampai sejauh ini tidak ada penolakan karena kami mengimbau dengan cara persuasif supaya ini untuk kebaikan mereka semua,” papar Anggi.

Razia itu tidak hanya dilakukan kondisial. Namun akan dilakukan tiap hari agar warga jera untuk berkumpul. “Akan terus kami lakukan, hingga situasi kondusif kembali,” tandas Anggi.

Supervisor kafe, Safrol, mengaku pihaknya sangat memahami atas imbauan yang diberikan oleh pihak keamanan terkait pencegahan virus COVID-19. “Ya kami memahami, ini juga mengimbau masyarakat dalam pencegahan penyebaran virus COVID-19,” kata Safrol.

K For GAEKON