Antisipasi Corona, Polisi Jatim Bersih-bersih dan Semprot Disinfektan

0
Antisipasi Corona, Polisi Jatim Bersih-bersih dan Semprot Disinfektan

Berbagai langkah dilakukan pemerintah daerah untuk mencegah penyebaran wabah corona. GAEKON merangkum lengkah yang dilakukan oleh beberapa kot di Jawa Timur.

Berbagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona dilakukan oleh pihak kepolisian di Bojonegoro.

Di antaranya dengan melakukan pengecekan suhu badan, menyediakan hand sanitizer, dan tindakan penyemprotan disinfektan sesuai dengan standar kesehatan dilingkungan Polres Bojonegoro, terminal, dan stasiun.

Kapolres AKBP Budi Hendrawan mengatakan kegiatan preventif terlebih dahulu dilaksanakan guna mencegah penyebaran virus Covid-19 atau Corona.

Polres Bojonegoro bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, Rumah Sakit Bhayangkara Wahyu Tutuku Bojonegoro melakukan kerja bakti pembersihan di lingkungan kerja dan tempat fasilitas umum dan di tempat keramaian masyarakat lainnya.

Selain itu, di terminal dan stasiun, petugas gabungan juga melakukan penyemprotan disinfektan kepada para penumpang yang baru turun dari kereta api dan bus antar kota.

Upaya mencegah penyebaran virus corona juga dilakukan Polres Mojokerto. Korps berseragam cokelat ini membersihkan seluruh fasilitas layanan publik. Selain itu, mereka juga memberi penyuluhan kepada masyarakat cara mengantisipasi penularan corona.

Selain puluhan polisi, kerja bakti kali ini melibatkan Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto dan petugas Puskesmas Modopuro. Dipimpin Kapolres AKBP Feby Dapot Parlindungan Hutagalung, kerja bakti menyasar seluruh ruangan dan fasilitas pelayanan publik di Mapolres Mojokerto, Jalan Gajah Mada, Kecamatan Mojosari.

Mulai dari ruangan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), ruang pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), hingga ruang pengurusan SIM di Satlantas Polres Mojokerto. “Kerja bakti membersihkan fasilitas pelayanan masyarakat ini upaya kami untuk mencegah penyebaran virus corona,” kata Feby kepada GAEKON, Minggu (15/3).

Antisipasi wabah virus COVID-19, Polresta Banyuwangi menyiagakan fasilitas pelayanan umum bersih dan sehat. Polresta Banyuwangi menyiapkan hand sanitizer dan pemeriksaan suhu badan di seluruh lokasi pelayanan publik hingga ke Polsek-polsek jajaran.

Disiagakannya fasilitas pelayanan umum bersih dan sehat ini dilakukan di beberapa lokasi yang biasa menjadi lokasi kerumunan massa. Di antaranya, ruang SPKT, Pelayanan Satpas Prototipe, hingga pelayanan SKCK. Satuan fungsi seperti Satreskrim, Intelkam, Satreskoba dan Lantas pada Satpas Prototipe, kantin maupun koperasi serta logistik dan semua bagian serta fungsi lainnya juga melakukan protap pencegahan virus COVID-19.

“Sabtu dan Minggu kita lakukan kerja bakti dan sekaligus membersihkan lokasi kerumunan massa dengan Bio Sanitizer. Ada beberapa lokasi yang kita fokuskan. Banyuwangi punya Satpas Prototipe juga tak luput kita bersihkan. Meski gedung baru, tapi tetap kita bersihkan, karena disana pusat kerumunan massa,” ujar Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin saat sidak kesiapan pencegahan virus COVID-19 di Polsekta Banyuwangi seperti yang dipantau GAEKON, Minggu (15/3).

W For GAEKON