Arab Saudi Ancam Cekal 3 Tahun Warganya Yang Nekat Masuk Indonesia

0

Arab Saudi Ancam Cekal 3 Tahun Warganya Yang Nekat Masuk IndonesiaGaekon.com – Indonesia saat ini merupakan salah satu negara yang masuk dalam daftar merah. Pemerintah Arab Saudi mengancam bakal mencekal warganya selama tiga tahun jika nekat pergi ke negara yang masuk daftar merah.

Seperti yang dilansir GAEKON dari CNN, Hal ini diungkapkan oleh salah seorang pejabat di Kementerian Dalam Negeri Saudi.

Warga Negara Arab Yang Melanggar Akan Dilarang Berpergian

Pihaknya mengungkapkan bahwa pemerintah setempat akan mencekal warganya yang nekat bepergian ke negara-negara dalam daftar merah, termasuk Indonesia.

“Siapapun yang terbukti terlibat (melakukan perjalanan) akan dikenai pertanggungjawaban dan dihukum berat sekembalinya mereka, dan akan dilarang berpergian selama tiga tahun,” katanya.

Pejabat Kemendagri Saudi mengambil keputusan ini setelah mendapati sejumlah warga yang mendapatkan keistimewaan untuk bepergian di tengah pandemi ternyata melanggar aturan tersebut.

“Kementerian Dalam Negeri menekankan bahwa warga negara masih dilarang bepergian secara langsung atau melalui negara lain ke negara ini atau negara lain yang belum mengendalikan pandemi atau di mana varian baru telah menyebar,” ucap pejabat itu.

Sampai saat ini, Saudi masih memperketat aturan untuk meredam laju penularan Covid-19. Penerapan aturan ketat ini dianggap berhasil menekan penularan corona di negara tersebut.

Terbukti, Kasus Covid-19 di Saudi Selasa (27/7), misalnya, tercatat 1.379, lebih rendah jika dibandingkan dengan rata-rata harian Juni 2020 lalu yang mencapai 4.000.

Sejauh ini, total kasus Covid-19 di Arab Saudi mencapai 520.774 dengan angka kematian 8.189 jiwa. Tahun ini, Saudi menggelar haji khusus untuk warga lokal dan ekspatriat.

Indonesia merupakan salah satu negara yang masuk dalam daftar merah tersebut bersama Afghanistan, Argentina, Brasil, Mesir, Ethiopia, India, Libanon, Pakistan, Afrika Selatan, Turki, Vietnam, dan Uni Emirat Arab.

D For GAEKON