Area Olimpiade Tokyo Di Guncang Gempa 6 SR, Badan Meteorologi Jepang: Tak Ada Ancaman Tsunami

0

Area Olimpiade Tokyo Di Guncang Gempa 6 SR, Badan Meteorologi Jepang: Tak Ada Ancaman TsunamiGaekon.com – Gempa bumi 6,0 terjadi di lepas pantai Jepang pada Rabu (4/8) Sekitar pukul 5.30 pagi waktu setempat. Gempa itu berlangsung antara 20 detik dan 3 menit.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Suara.com, menurut US Geological Survey, Gempa pertama kali terjadi lebih dari 6 mil jauhnya di perairan dekat kota Hasaki, yang berjarak sekitar 75 mil timur Tokyo.

Menurut keterangan dari Badan Meteorologi Jepang, pusat gempa sekitar 40 kilometer (25 mil) dari daratan, jauh di lepas pantai Jepang. Meski demikian, tidak ada ancaman tsunami.

Gempa Di Area Olimpiade Tokyo Tidak Menyebabkan Kerusakan

Getaran gempa tersebut dirasakan oleh mereka yang berada di area Olimpiade Tokyo. Menurut keterangan para saksi, gempa itu berlangsung antara 20 detik dan 3 menit dan tidak menyebabkan kerusakan apapun.

Jepang, terletak di atas lempeng tektonik konvergen, sehingga tidak asing lagi dengan peristiwa gempa bumi. Bahkan, di Jepang sendiri ada beberapa tempat yang memiliki teknologi khusus untuk melindunginya.

Seperti contohnya, Arena bola voli Ariake memiliki bantalan karet raksasa yang terpasang di dalam fasilitas untuk membatasi kerusakan akibat gempa. Olympic Village memiliki tembok laut yang dimaksudkan untuk menghentikan tsunami setinggi 6,5 kaki.

“Bagi penyelenggara, tindakan antisipasi merupakan tantangan yang mendesak,” kata Hirotada Hirose, seorang spesialis Jepang dalam studi risiko bencana.

Kejadian gempa bumi ini ternyata juga dirasakan oleh Wartawan Australia Mark Beretta. Saat itu ia sedang siaran langsung dari atas menara siaran.

“Selamat datang kembali di kota Olimpiade di mana kita saat ini berada ada gempa bumi, gempa bumi,” katanya dalam siaran langsung.

Mark mengatakan bahwa ia merasakan gerakan atap di atasnya. Bahkan ia mengaku belum pernah mengalami peristiwa serupa.

“Atap di atas kami bergerak dan Anda mungkin melihat lampu dan kamera kami juga bergerak. Itu momen yang tidak biasa, saya belum pernah mengalami gempa sebelumnya,” tambahnya.

D For GAEKON