Armudji Tinjau Sungai Tambak Wedi Yang Penuh Limbah Busa, Pemkot Surabaya Akan Lakukan Pengerukan

0

Armudji Tinjau Sungai Tambak Wedi Yang Penuh Limbah Busa, Pemkot Surabaya Akan Lakukan PengerukanGaekon.com – Sungai Tambak Wedi yang sempat viral lantaran dipenuhi limbah busa akhirnya kini ditinjau oleh Wakil Wali Kota Surabaya, Armudji.

Seperti yang dilansir GAEKON dari MediaIndonesia, Sungai Tambak Wedi ini dipenuhi limbah busa selama beberapa tahun. Armudji meminta masyarakat untuk tidak membuang limbah rumah tangga dalam bentuk apapun ke sungai, hal ini bisa menimbulkan pencemaran.

Pasalnya, menurut Armudji busa tersebut bisa muncul di Sungai Tambak Wedi karena adanya aktivitas pembuangan limbah ke sungai.

“Kalau saya lihat, ini disebabkan ada pembuangan limbah rumah tangga ke sungai. Karena di sekitar sini tidak ada industri,” kata Armudji.

Limbah busa ini ternyata tidak hanya ditemukan di Sungai Tambak Wedi, namun juga di sungai lain Kota Surabaya, salah satunya di daerah Wonorejo.

Menurut Armudji solusi jangka panjang dari masalah ini adalah, Pemkot Surabaya akan mengajukan permohonan pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal ke pemerintah pusat.

Hal ini disebabkan karena pengadaan IPAL Komunal membutuhkan anggaran yang besar. Sementara untuk solusi jangka pendeknya, Pemkot Surabaya akan melakukan pengerukan di Sungai Tambak Wedi, untuk mengangkat limbah yang terlanjur ada di sungai.

“Itu sudah kita siapkan bego buat ngeruk. Kalau masih muncul busa, saya minta DLH (Dinas Lingkungan Hidup) untuk mengkaji lebih lanjut,” terang Armudji.

D For GAEKON