Bahaya Bagi Tubuh, BBPOM Larang Pedagang Bungkus Makanan Dengan Koran

0

Bahaya Bagi Tubuh, BBPOM Larang Pedagang Bungkus Makanan Dengan KoranGaekon.com – Makanan ringan maupun jajanan yang dijual di pinggir jalan banyak yang masih menggunakan koran sebagai bungkusnya. Tanpa disadari, hal ini sangat berbahaya untuk kesehatan.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Suarasumbar, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Padang mengatakan bahwa masyarakat dan pegadang di Sumatera Barat (Sumbar) diminta tidak menggunakan koran sebagai alas makanan.

“Saat sidak ke Pariaman, kami menemukan penggunaan koran sebagai alas gorengan oleh pedagang, jadi kami berikan pembinaan,” kata Kepala BBPOM Padang, Firdaus Umar.

Firdaus menjelaskan bahwa tinta pada koran merupakan zat kimia yang jika terkonsumsi dalam jangka panjang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Firdaus meminta agar para pedagang yang biasa menggunakan koran sebagai alas makanan menggantinya dengan bahan yang memang diperuntukkan untuk makanan.

“Pedagang bisa menggunakan kertas bungkusan makanan,” katanya.

Sebelumnya, BBPOM Padang memastikan takjil yang dijual pedagang di dua pasar pabukoan di Kota Pariaman aman dikonsumsi.

Firdaus mengatakan bahwa telah melakukan sidak mengambil sampel takjil yang dijual pedagang untuk dilakukan uji labor. Namun dalam sidaknya itu, tidak ditemukan makanan mengandung zat kimia berbahaya.

D For GAEKON