Baku Tembak TNI Dan KKB Kembali Terjadi Di Papua

0

Baku Tembak TNI Dan KKB Kembali Terjadi Di PapuaGaekon.com – TNI dan gerombolan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) Kontak tembak di Distrik Sugapa, Intan Jaya. Aksi baku tembak tersebut terjadi pada Jumat (22/1) pukul 06.30 WIT.

Kontak tembak KKB Papua dan Satgas Pamtas Yonif Raider 400/BR ini terjadi sejak pagi hingga siang. Dari sumber bunyi yang terdengar, kontak tembak tersebut berlangsung lebih dari 7 jam.

“Sampai siang masih terjadi kontak tembak. Lebih detailnya akan saya infokan setelah kondisi di lapangan aman terkendali,” kata Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III, Kolonel CZI I Gusti Nyoman Suriastawa.

KKB sebelumnya juga melakukan aksi pembakaran pesawat MAF PK-MAX di Kabupaten Intan jaya pada Rabu (6/1). Menurut Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal, pesawat itu diawaki oleh seorang pilot yang merupakan warga negara Amerika bernama Alex Luferchek.

Alex membawa dua penumpang dengan tujuan Pagamba melalui Bandara Perintis milik MAF di Distrik Biandoga. Pesawat tersebut sudah mendarat di bandara. Namun setelah itu, pilot diadang oleh KKB. Meski pilot berhasil diamankan, tapi KKB langsung melakukan pembakaran terhadap pesawat.

Sebelumnya, pada Kamis (21/1) pukul 22.00 WIT juga terjadi aksi kekerasan yang diduga dilakukan oleh orang tak dikenal (OTK). Aksi tersebut terjadi di depan SMK Negeri 1 Kenyam, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga.

OTK melakukan kekerasan terhadap 2 orang warga, hingga mengakibatkan seorang tewas, atas nama Stevanus Mella. Sampai saat ini belum ada keterangan dari kepolisian setempat terkait kasus kekerasan terhadap warga sipil di Nduga.

D For GAEKON