Balas Balon Api, Israel Bom Situs Hamas Di Gaza Palestina

0

Balas Balon Api, Israel Bom Situs Hamas Di Gaza PalestinaGaekon.com – Israel kembali menampakkan kekuatannya dengan mengebom beberapa situs Hamas di Gaza Palestina pada Selasa (24/8).

Pengeboman ini menggunakan pesawat tempur Israel. Menurut Militer Israel, serangan ini sebagai balasan balon-balon api yang diluncurkan kantong Palestina hingga membuat kebakaran di Israel Selatan.

Belum diketahui pasti terkait adanya korban atau tidak dalam serangan Israel terhadap situs Hamas tersebut.

Sebelumnya, konflik antara Israel dan Palestina telah berakhir sejak gencatan senjata yang dimediasi Mesir menghentikan 11 hari pertempuran Israel-Hamas pada Mei 2021 lalu.

Gerilyawan Gaza secara sporadis mengirim balon berisi bahan pembakar ke Israel. Menurut pengakuan Palestina, balon tersebut dikirim untuk menekan Israel agar melonggarkan pembatasan di Gaza.

Hamas Meluncurkan Balon Api Hingga Memicu Kebakaran

Menurut keterangan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Israel, Hamas meluncurkan balon api hingga memicu kebakaran di ladang Israel di sepanjang perbatasan Gaza.

Kekerasan lintas perbatasan meningkat sejauh ini, meski ada pengumuman Israel mengenai dimulainya bantuan Qatar ke Gaza. Hal ini sebagai langkah memperkuat gencatan senjata yang rapuh.

Serangan pengunjuk rasa Gaza yang membakar ban dan melemparkan bahan peledak di sepanjang perbatasan pada Sabtu (21/8) berakhir dengan tembakan dari pasukan Israel.

Pasukan Israel menembak dan melukai 41 warga Palestina hingga melukai dua orang sampai kritis. Sementara itu, tembakan Palestina mengakibatkan seorang tentara Israel mengalami luka serius.

Beberapa hari sebelumnya, militan Gaza meluncurkan roket ke Israel yang ditembak jatuh oleh sistem anti-rudal Iron Dome, dalam serangan roket pertama sejak gencatan senjata 21 Mei.

Lebih dari 250 warga Palestina dan 13 di Israel tewas, di mana gerilyawan Gaza menembakkan roket ke kota-kota Israel dan Israel melakukan serangan udara melintasi daerah perbatasan.

Israel memblokir Gaza dan membatasi pergerakan keluar dari wilayah yang dihuni dua juta warga Palestina.

D For GAEKON